get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Untuk Masker Wajah hingga Obat Luka, Selebgram Ini Pakai Darah Haid

Selasa, 27 Desember 2022 | 12:07 WIB
header img
Viral selebgram pakai darah haid untuk masker wajah. (foto: Daily Star)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Pembaca mungkin merasa heran yang dilakukan orang zaman sekarang. Terkadang benar-benar di luar nalar.

Seperti wanita bernama Riley Ayn yang menggunakan darah haidnya untuk berbagai macam hal yang menurutnya bermanfaat. Tak tanggung-tanggung, mulai dijadikan air siraman tanaman hingga untuk masker wajah.

Perempuan konten kreator Tiktok ini juga menjadikan darah haidnya untuk penyembuh luka saat proses penghapusan tattonya.

"Bisa dioleskan ke luka, bisa dioleskan ke luka karena sel punca (mesenchymal stem cell) itu luar biasa untuk penyembuhan dan regenerasi serta kecantikan kulit." tutur Riley dikutip dari Daily Star, Senin (26/12/2022).

Hal kreatif lain yang dilakukannya yaitu menggunakan darah haid sebagai pengganti cat saat melukis.

"Anda dapat langsung mencelupkan kuas ke dalam apa pun yang telah Anda kumpulkan dan cat. Ini sangat menyenangkan," ungkapnya.

Riley mengaku belajar tentang "manfaat" darah haid itu dari mentor. Ini membuat wanita menjadi "senang" saat siklus bulanannya tiba karena dapat "dimanfaatkan" ke berbagai hal.

Tentu saja keanehan yang dilakukan Riley dikecam oleh para ahli. Dikutip dari Daily Star, Ahli Kimia Cigdem Kemal Yilmaz memperingatkan agar menjauhi tren ekstrem ini.

"Saya pasti tidak akan menyarankan ini. Saya yakin tren ini dimulai sebagai opsi DIY untuk pengobatan PRP (plasma kaya trombosit) yang dilakukan di lingkungan klinis dalam kondisi steril," jelasnya.

PRP sendiri mengandung kemokin, sitokin, dan tujuh faktor pertumbuhan protein dasar, yang dapat berkontribusi pada percepatan penyembuhan, pertumbuhan jaringan, dan pembentukan asam hialuronat.

Namun tindakan yang dilakukan Riley sama sekali tidak boleh dilakuakan. Karena tidak bermanfaat dan cukup menjijikkan.

"Tidak ada bukti ilmiah atau klinis yang mengatakan bahwa mengoleskan darah menstruasi di wajah Anda dapat memberikan dampak yang menguntungkan pada kulit," tutup Cigdem.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut