get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Ternyata Begini Tata Cara Donor Darah, Yuk Simak

Senin, 26 Desember 2022 | 18:15 WIB
header img
Ternyata Begini Tata Cara Donor Darah, Yuk Simak. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai tata cara melakukan donor darah. Jika hendak melakukan donor darah, tentunya ada beberapa tata cara yang harus diperhatikan oleh pendonor darah. Donor darah tak hanya untuk membantu menyelamatkan nyawa orang lain saja, namun donor darah juga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Donor darah bukanlah hal yang wajib untuk semua orang, donor darah ini bersifat sukarela.

Meski donor darah bersifat sukarela, tapi manfaatnya luar biasa, sehingga harus dibudayakan. Manfaat ini terutama bagi tim medis dalam menangani situasi darurat dan tentu saja pasien yang membutuhkan tranfusi darah.

Namun, sebelum mencoba, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendonor, terutama jika ini merupakan kali pertama melakukan donor darah.

Dilansir dari Boldsky, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan sebelum, saat dan sesudah melakukan donor darah.

1. Sebelum melakukan donor darah

Hal utama yang harus diperhatikan adalah siapa saja yang bisa melakukan donor darah? Apakah ada batasan usia bagi yang ingin melakukan donor darah? Apakah ada syarat yang harus dipenuhi jika ingin melakukan donor darah?

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan sebelum melakukan donor darah: Pertama, jika ingin mendonorkan darah, maka Anda harus dalam keadaan sehat. Meskipun hanya terserang flu ringan, batuk, atau sakit tenggorokan, Anda tetap tidak bisa melakukan donor darah.

Kedua, batasan usia untuk melakukan donor darah adalah 17 – 60 tahun. Ketiga, memiliki berat badan minimal 45 kilogram. Jadi, Anda tidak bisa mendonorkan darah jika memiliki berat badan di bawah angka tersebut.

Keempat, calon pendonor harus memerhatikan hemoglobin yang dimiliki, setidaknya jumlah paling sedikit adalah 12 – 12,5 gram. Untuk menjaga kadar hemoglobin, setidaknya dalam beberapa minggu sebelum melakukan donor Anda dapat mengonsumsi makanan kaya zat besi, seperti makanan laut, daging, bayam, kacang-kacangan, dan kentang.

Selanjutnya, saat ingin mendonorkan darah Anda akan diminta mengisi formulir yang berisi tentang riwayat kesehatan. Dari formulir tersebut, akan diketahui apakah Anda memiliki risiko penyakit yang dapat menular lewat darah atau tidak.

Setelah itu, akan dilakukan pengambilan sampel darah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jika sampel darah tidak menunjukkan masalah, maka Anda dapat melakukan donor darah.

2. Saat melakukan donor darah

Donor darah akan berlangsung sekira 15 menit dan banyaknya darah Anda yang akan diambil sekitar 400ml. Maka dari itu, saat proses donor berlangsung, hal yang harus Anda lakukan adalah untuk tetap tenang dan santai.

3. Sesudah melakukan donor darah

Setelah proses donor berakhir Anda dapat beristirahat untuk mencegah terjadinya ruam, pembengkakan, atau pembekuan darah pada area yang digunakan untuk donor. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan ringan dan minum air yang banyak untuk mengembalikan cairan serta hindari mengonsumsi alkohol.

Hal lain yang harus diperhatikan dan lakukan adalah Anda harus mengurangi aktivitas fisik atau olahraga berat selama 24 jam ke depan.

Jika merasakan pusing, Anda dapat mengonsultasikannya kepada dokter. Anda juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh, meskipun telah selesai melakukan donor darah.

Nah itulah ulasan mengenai tata cara saat melakukan donor darah.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Tata Cara Donor Darah, Yuk Simak Apa Saja yang Harus Dilakukan

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut