get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Bupati Cellica Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat di Kutawaluya

Jum'at, 16 Desember 2022 | 10:35 WIB
header img
Pemkab Karawang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) menggelar bazar pangan murah di Desa Kutajaya, Kecamatan Kutawaluya. (Foto: Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Dalam upaya menstabilkan harga pangan menjelang natal dan tahun baru, Pemkab Karawang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) menggelar bazar pangan murah di Desa Kutajaya, Kecamatan Kutawaluya. 

Selain menggelar pangan murah, kegiatan tersebut juga dibarengi oleh peresmian lumbung pangan masyarakat (LPM) yang diresmikan oleh Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, Kamis (15/12/2022).

Ditemui di lokasi, Cellica Nurrachadiana menuturkan, berdirinya sejumlah gapoktan di setiap kecamatan-kecamatan yang kaya akan hasil pertanian merupakan hal yang baik. 

Pasalnya, para petani dapat menyimpan hasil taninya dengan aman saat harga sedang anjlok dan menjualnya saat harga normal. 

"Ini penting sekali karena demi menjaga pasokan pangan dan kestabilan harga pangan. Dan saat ini kita meresmikan 7 gapoktan beserta fasilitas penunjangnya yang didukung oleh Badan Pangan Nasional, masing Rp1 miliar," terangnya. 

Masih kata Cellica, pihaknya juga membantu dalam menyokong setiap gapoktan dalam meningkatkan kualitas pangan dan ketersediaan pangan di Kabupaten Karawang. 

"Kita memberikan bantuan sebanyak 20 ton Gabah Kering Panen (GKP) untuk temen-temen gapoktan di 7 titik itu. Dengan total Rp700 juta dan pembelian alat pengering untuk gapoktan tahun lalu yang belum mendapatkan fasilitas tersebut senilai sekitar Rp400 juta, serta kita juga membantu temen-temen Kelompok Wanita Tani (KWT) per kelompok kita bantu Rp50 juta, itu ada 4," ungkapnya.

Kemudian, dengan adanya gapoktan di tengah masyarakat ini bisa membantu ketahanan pangan di Kabupaten Karawang. Demi menuju Kabupaten Karawang yang swasembada pangan. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang, Yayat rohayati mengatakan tahun ini pihaknya resmikan 7 gapoktan di Kecamatan Kutawaluya, Lemahabang, Telagasari, Cilamaya Wetan, Majalaya, Tempuran dan Rawamerta.

Pembentukan 7 LPM tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena pada tahun ini selain diberikan lumbung, lantai jemur dan RMU, para gapoktan juga diberikan fasilitas lain berupa Bed Dryer. 

"Semua pembangunan fasilitas tersebut berasal dari DAK fisik dari pusat. Dan diharapkannya dengan adanya LPM dari gapoktan ini bisa meningkatkan ketahanan pangan, kualitas pangan dan kesejahteraan para petani kita di Kabupaten Karawang," tuturnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut