Logo Network
Network

Yuk Rajin Potong Kuku Secara Teratur, Begini 3 Manfaatnya

Tim Okezone
.
Kamis, 15 Desember 2022 | 09:24 WIB
Yuk Rajin Potong Kuku Secara Teratur, Begini 3 Manfaatnya
Ilustrasi potong kuku. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id – Artikel ini akan membahas mengenai 3 manfaat memotong kuku secara teratur. Sebagian masyarakat di dunia seringkali melupakan salah satu bagian tubuh, yakni kuku.

Sering terlewat, tak heran kuku jadi jadi kurang terawat, walau hanya sekedar untuk memotongnya. Padahal terdapat bayak sekali manfaat dibalik kebiasaan memotong kuku secara teratur loh!

Dengan memotong kuku secara rutin, kita bisa mendapatkan kuku yang sehat. Ciri-cirinya yaitu kuku terlihat kuat, kenyal, dan mempelihatkan warna kemerah-merahan.

Selain itu dengan rutin memotong kuku, masih ada beberapa lagi manfaat kesehatan yang bisa didapat, berikut uraian singkatnya, Senin (5/12/2022).

1. Cegah pembengkakan di jari kaki: Ketika kuku jarang di potong akan tumbuh memanjang dan berukuran besar, sehingga kemungkinan besar akan menembus ke dalam kulit. Jika hal itu terjadi, bisa menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa, bahkan pembengkakkan dan infeksi mungkin saja bisa akan terjadi. Makanya penting untuk rajin potong kuku teratur.

2. Mencegah infeksi bakteri: Pemakaian kaos kaki dan juga sepatu bisa bikin kuku menjadi lembab dan tidak ada ruang bagi udara untuk masuk , sehingga memicu munculnya bakteri Tinea yang memicu munculnya kutu air, ruam merah di kuku dan menyebabkan kuku berwarna kuning. Jika rajin memotong kuku, dapat mengurangi resiko infeksi bakteri pada kuku ini.

3. Meminimalisir cedera: Kalau punya kuku dengan ukuran besar dan panjang, ternyata bisa sangat menaikkan risiko cedera. Contohnya ketika membentur benda keras dan mengakibatkan menghitamnya permukaan kuku dan rasa sakit yang luar biasa. Oleh sebab itu penting untuk menjaga dan merawat kuku, dengan cara memotong kuku secara teratur. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.