Puluhan Rumah di Karawang Rusak 'Diamuk' Puting Beliung

Muhtar Galuh Ardian
.
Senin, 13 Desember 2021 | 16:19 WIB
Puluhan Rumah di Desa Kertasari Kecamatan Rengasdengklok Karawang diporak-porandakan angin puting beliung disertai hujan lebat.

KARAWANG, iNews.id - Puluhan Rumah di Desa Kertasari Kecamatan Rengasdengklok Karawang diporak-porandakan angin puting beliung disertai hujan lebat. Puluhan rumah tersebut mengalami kerusakan

Kejadian tersebut, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Yasin Nasrudin, diawali hujan lebat yang disertai angin kencang pada Sabtu, (13/12).

"Kemarin waktu hari sabtu sore satgas dari kecamatan Rengasdengklok desa Kertasari yanh melaporkannya," tuturnya.

Dalam hitungan detik, sebanyak 35 rumah mengalami rusak ringan sampai rusak sedang akibat dari angin puting beliung yang disertai hujan lebat.

"33 rumah rusak ringan, 1 rusak sedang, dan 1 rusak berat," ujarnya, Senin (13/12).

Dampak dari puting beliung, puluhan atap rumah warga mengalami kerusakan. Bahkan, beberapa rumah warga tertimpa pohon.

"Angin kencang beserta hujan lebat tersebut memporak-porandakan rumah dan menumbangkan pohon yang menimpa rumah," ungkapnya.

Beruntung bencana alam tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. "Saat kejadian kita dari pihak BPBD langsung menerjunkan personel," imbuhnya

Sementara, ia memperkirakan kerugian materil secara keseluruhan mencapai Rp 300 juta.

"Kita sudah asesmen untuk menindaklanjuti bantuan stimulan. Karena ini akhir tahun, kita masukan di agenda program tahun 2022. Besarannya untuk rusak ringan 1,5 juta, rusak sedang 2,5 juta, dan rusak berat 3,5 juta," pungkasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini