get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Bupati Cellica Komentari soal Kenaikan UMK Karawang, Dorong Serapan Tenaga Kerja

Senin, 12 Desember 2022 | 13:14 WIB
header img
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana. (Foto: Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id -  Tok, upah minimum kabupaten (UMK) Karawang tahun 2023 telah ditetapkan. Besarannya naik dari Rp4,789 juta menjadi Rp5,176 juta. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menanggapi soal kenaikan UMK sebesar 7,88 persen ini.

Cellica Nurrachadiana berharap, meningkatnya UMK dapat beriringan dengan penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Karawang. 

"Alhamdulillah Karawang ditetapkan menjadi daerah dengan UMK tertinggi secara nasional. Kami ingin agar ini sejalan dengan tingkat penyerapan tenaga kerja, di mana Karawang ditetapkan sebagai kawasan industri nasional sejak 2003 sampai saat ini dengan mayoritas investasi padat modal dan teknologi," ungkapnya. 

Pihaknya berencana melakukan MoU dengan industri kecil menengah untuk mesuplai kebutuhan industri besar, agar ada serapan kerja dari berbagai bidang industri. 

"Tidak hanya itu, kami juga akan terus memaksimalkan lowongan kerja yang bisa diakses secara online dengan aplikasi loker online, dengan harapan memangkas oknum-oknum calo," katanya 

Dirinya berharap industri di Karawang memiliki dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat Karawang. Dan pihaknya juga akan terus mendorong jalinan kerjasama, serta memfasilitasi sekolah-sekolah baik SMK negeri maupun swasta agar lulusannya bisa langsung diserap oleh pabrik-pabrik di Karawang. 

Mengingat, gelontoran anggaran untuk pelatihan calon tenaga kerja tidak sedikit. 

"Di Balai Latihan Kerja, anak-anak lulus sekolah kami latih skill-nya agar ada kesesuaian link and match antara kebutuhan dan permintaan tenaga kerja dari industri. Serta Kami juga akan terus berupaya, agar anak-anak Karawang bisa bekerja di daerahnya sendiri," tuturnya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut