Sudah Memasuki Usia 30 Tahun? Begini 5 Tips Agar Tetap Awet Muda

Martin Bagya Kertiyasa , Okezone
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 17:55 WIB
Ilustrasi usia 30 tahun. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Seiring berjalannya waktu, setiap orang tentunya akan mengalami penuaan. Penuaan mulai terjadi saat seseorang sudah memasuki usia kepala 3 atau 30 tahun.

Penuaan kulit pun dipengaruhi oleh dua faktor yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Secara intrinsik, penuaan kulit terjadi seiring dengan menurunnya produksi serat kolagen dan elastin pada lapisan dalam (dermis) sehingga membuat kulit mulai kendur dan timbul keriput.

Sementara secara ekstrinsik hal ini dapat terjadi karena paparan sinar matahari, polusi dan asap rokok. Meskipun demikian, kita dapat memperlambat proses penuaan kulit maupun kerutan pada wajah. Seperti tertulis dalam keterangan pers NourishSkin Ultimate, berikut beberapa cara mengurangi penuaan kulit yang terjadi.

Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari secara langsung dapat merusak serat kolagen dan elastin sehingga mempercepat proses penuaan sekaligus merangsang produksi pigmen kulit penyebab timbulnya flek hitam. Untuk itu, perlu kiranya mengaplikasikan tabir surya dengan SPF antara 30 dan 50 ke kulit setiap hari agar kulit terlindungi.

Rutin menggunakan skincare

Upaya memperlambat proses penuaan pada kulit juga dapat dilakukan dengan menggunakan skincare secara rutin. Ada banyak skincare dengan ragam kandungan berbeda yang dapat membantu mengurangi tampilan kerutan pada wajah.

Di antaranya retinol yang dapat merangsang pergantian sel dan meningkatkan produksi kolagen, antioksidan seperti vitamin C, niacinamide, atau resveratrol bekerja untuk menetralkan radikal bebas, Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang dapat meningkatkan pergantian sel, dan memulai produksi kolagen. Kita dapat memilih kandungan yang dirasa cocok dengan kondisi kulit wajah kita.

Menerapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup sehat mampu memberikan banyak manfaat bagi tubuh termasuk kulit. Termasuk diantaranya, mengkonsumsi makanan sehat, khususnya yang mengandung anti-inflamasi dan antioksidan tinggi seperti buah dan sayuran, tidur yang cukup, rajin berolahraga, minum cukup air putih agar kulit tetap terhidrasi, menghindari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol.

Konsumsi suplemen kulit

Memaksimalkan upaya dalam memperlambat penuaan pada kulit juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi suplemen kulit yang mengandung marine protein dan kolagen yang sangat diperlukan untuk proses regenerasi serat kolagen dan elastin yang telah rusak akibat sinar matahari ataupun proses penuaan sehingga kulit menjadi kenyal dan kencang kembali.

Adapula Oligomeric Proanthocyanidins (OPC) dan Super Oxide Dismutase (SOD) yang dilengkapi dengan vitamin dan mineral juga berperan sebagai antioksidan yang dapat memberikan perlindungan terhadap radikal bebas penyebab flek hitam dan kerutan.

Selain itu, kandungan herbal seperti Spirulina Algae, Cayenne Pepper, Rosemary lef, Red Clover leaf dan Billberry fruit dapat memberikan kelembaban kulit dari dalam secara terus menerus.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini