Logo Network
Network

Peduli Bencana, Tokoh Masyarakat Gotong Royong Bentuk Karaba Rescue

Boby
.
Minggu, 12 Desember 2021 | 07:43 WIB
Peduli Bencana, Tokoh Masyarakat Gotong Royong Bentuk Karaba Rescue
Warga Karaba Bentuk Tim Karaba Rescue

Karawang, iNews.id - Sejumlah tokoh masyarakat Perumahan Karaba Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur, Karawang membentuk Team Rescue Tanggap Bencana yang siap diterjunkan membantu penanganan bencana.

Tim ini dibentuk sebagai respons dari munculnya berbagai bencana sejak beberapa tahun terakhir. Pelantikan Team Rescue Tanggap Bencana Karaba Rescue, digelar sekaligus dengan latihan bersama dengan BPBD Karawang, dengan materi Water Rescue, di Kali Kalapa, Wadas, Karawang, Sabtu-Minggu.

"Kehadiran Team Rescue Karaba, merupakan wujud gotong royong keluarga besar Karaba untuk membantu saudara sebangsa yang sedang mengalami musibah bencana alam. Sekaligus menunjukkan bahwa warga Karaba  juga punya kepedulian sosial yang tinggi," ungkap Kepala BPBD Kabupaten Karawang Yasin Nasrudin, Sabtu (11/12/21).

Yasin memandang kehadiran Team Rescue Karaba menjadi bukti tingginya empati dari komunitas masyarakat. Dijelaskan Yasin, Team Rescue Karaba, diperkuat dengan 25 relawan yang siap turun membantu penanggulangan bencana. Kehadiran Team Rescue Karaba dipastikan akan memperkuat Team BPBD Karawang. Sementara, Inisiator pendirian Karaba Rescue, Budi Georn, mengatakan bahwa keberadaan tim tersebut tidak lepas dari dukungan semua masyarakat Karaba, dan Desa Wadas. Sehingga kita harapkan tim ini tidak hanya mengcover bencana di Karaba, namun bisa lebih luas lagi.

"Team Rescue Karaba, maupun Team Rescue dari berbagai komunitas lainnya, akan saling bersinergi satu sama lain. Fokusnya untuk menyelamatkan nyawa warga, hingga memberikan pertolongan pertama pada saudara sebangsa yang tertimpa musibah bencana alam," tutur Budi Georn, didampingi Ketua dan sekretaris Karaba Rescue.

Sementara Sekretaris Umum Karang Taruna Kabupaten Karawang, Dhani Sudirman, menyampaikan, keluarga besar Karang Taruna sangat bangga akan terbentuknya Karaba Rescue, dan berharap upaya serupa bisa dilakukan oleh berbagai komunitas dan Karang Taruna Desa lainnya.

"Sekecil apapun bantuan yang bisa kita berikan, besar artinya bagi mereka yang sedang mengalami kesulitan akibat bencana alam. Karaba Rescue, saya yakin akan menjadi embrio terbentuknya tim rescue lainnya di Karawang," katanya.

Sementara acara tersebut dihadiri Satgas Citarum Harum, BPBD Karawang, Karang Taruna Kabupaten Karawang, serta tokoh masyarakat setempat.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.