Logo Network
Network

Ibu Muda Ini Didik Anak-anaknya Tanpa Paparan Teknologi, Ajak Belajar Sambil Bermain

Fini Nola Rachmawati , Okezone
.
Selasa, 29 November 2022 | 19:35 WIB
Ibu Muda Ini Didik Anak-anaknya Tanpa Paparan Teknologi, Ajak Belajar Sambil Bermain
Viral Muslimah muda mendidik anak-anaknya tanpa gadget. (Foto: TikTok @dearuti)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Selama lima tahun,  seorang ibu berhasil mendidik anak-anaknya  tanpa gadget ataupun televisi (TV).

Video tersebut diunggah di akun TikTok @dearuti memperlihatkan ibu muda mengaku sepakat dengan suami untuk mendidik anak-anak mereka selama lima tahun tanpa paparan teknologi.

Dalam mendidik kedua buah hatinya, pasangan suami istri ini terlihat kompak  Mereka juga terlihat sangat telaten dalam mendidik anak-anaknya. Mereka memiliki prinsip untuk tidak memberikan gadget kepada anak-anaknya di masa pertumbuhan.

"Sayang kita no gadget di rumah ya. Anak-anak tanpa gadget dan TV," tulis keterangan video tersebut yang dilihat Okezone, Selasa (29/11/2022). 

Sebagai gantinya dengan permainan-permainan nyata. Jadi setiap harinya mereka secara bergantian membuat permainan untuk anak-anaknya.

Kemudian pasangan ini menerapkan kurikulum rumah yang membuat anak mereka aktif belajar sambil bermain.

Misalnya saja, ibu muda tersebut membuat bola-bola jelly kecil dalam sebuah wadah yang berguna melatih motorik anaknya. Terlihat si anak pun begitu tertarik hingga memasukkan tangannya ke dalam wadah tersebut.

Jika anak-anaknya sudah bosan bermain di dalam rumah, kedua pasangan tersebut tidak segan-segan mengajak kedua anaknya untuk bermain di alam.

Entah itu bermain di halaman rumah, ataupun ke luar seperti pantai, gunung, dan tempat yang lainnya untuk bisa mengenal jenis-jenis tumbuhan dan sebagainya.

"Keluar yuk nak, kita lihat pelajaran dari alam yang Allah ciptakan," ungkapnya.

Selain itu, mereka juga difasilitasi setumpuk buku yang rajin dibacakan setiap hari dan kedua anaknya selalu dijadwalkan untuk membaca buku setiap harinya. Hal itu mereka tanamkan sejak kecil agar terbiasa saat sudah dewasa.

Kegiatan tersebut secara berulang mereka lakukan setiap harinya, dan anak-anaknya pun terlihat sudah terbiasa dan nyaman dengan kegiatan itu. 

Video viral itu pun sudah lebih dari 2,3 juta kali ditonton. Kemudian mendapat 201 ribu lebih tombol suka.

Sontak video tersebut mencuri perhatian netizen. Banyak yang salut dengan cara pasangan ini mendidik anak-anaknya. Ada juga yang ingin mengikuti cara belajar tersebut.

"Membuat anak lepas dari gadget memang butuh effort yang luar biasa," tulis akun @HeLiaBryan*** di kolom komentar.

"Pengen kayak gitu, tp anak2 dah pada kecanduan sama HP, pusing jdnya aq," ungkap @Ubunda H1H***.

"Masya Allah umiii, semoga bisa menular yaaa cara mendidik anaknya ke aku kelak, supaya anak2 cinta ilmu & kreativitas," tambah netizen lainnya.

"Pentingnya ibu pintar dan kreatif nihh. Si bapak juga mendukung," komentar @Moy***.

"Metode belajar ala montessori emang keren bgttt," tulis @buw***.

"Masya Allah keren banget," tukas @deooooosssssu***.

Wallahu a'lam bisshawab. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.