get app
inews
Aa
Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

5 Deretan Manfaat Semangka Kuning, Salah Satunya Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Senin, 28 November 2022 | 17:14 WIB
header img
Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Semangka memiliki 2 jenis, yakni semangka kuning dan semangka merah. Kedua semangka ini memiliki bentuk, ukuran dan tampilan luar yang serupa yang hanya berbeda warna saja.

Jika semangka kuning memiliki warna daging buah kuning, apakah kandungan dan manfaatnya sama seperti semangka merah? Untuk itu, berikut 5 manfaat semangka kuning dikutip dari Stylecraze:

1. Kurangi risiko penyakit kronis (jantung, diabetes, kanker dan obesitas)

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka kuning dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, obesitas, dan penyakit terkait usia lainnya. Karena dalam buah semangka kuning mengandung nutrisi penting yaity fitokimia seperti likopen, citrulline, dan senyawa polifenol lainnya.

2. Bantu turunkan berat badan

Mengonsumsi semangka kuning juga ditemukan dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, buah semangka kuning mengandung L-citrulline (asam amino non-esensial). Nutrisi tersebut juga dapat membantu meningkatkan kinerja olahraga dan pemulihan pada individu.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan

Dibandingkan dengan semangka merah, semangka kuning mengandung vitamin C yang tinggi, karena itulah manfaat buah semangka kuning yang dipercaya dapat mencegah sariawan lebih baik dibandingkan dengan semangka merah.

Tingginya kandungan vitamin C di dalam semangka kuning juga bisa memperkuat daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

4. Turunkan kolesterol

Seorang ahli gizi bernama Jay Cowin mengatakan bahwa kandungan nutrisi dalam buah semangka kuning telah terbukti berkhasiat menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida.

Tak hanya itu, semangka kuning juga dapat mengurangi peradangan pada pasien penyakit jantung atau kardiovaskular.

5. Turunkan tekanan darah

Tak hanya berkhasiat menurunkan kolesterol, tetapi buah semangka kuning juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Pasalnya, dalam buah semangka kuning terdapat kandungan antioksidan, fitokimia, dan mineral seperti potasium yang penting bagi tubuh.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 5 Manfaat Semangka Kuning untuk Kesehatan, Turunkan Kolesterol hingga Bantu Diet!

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut