get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

MKB bareng Disparbud Karawang Ngarumat Jagat di Rawagede

Jum'at, 10 Desember 2021 | 11:05 WIB
header img
Ormas Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang melaksanakan kegiatan Ngarumat Jagat bertempat di Monumen Rawagede, Desa Balongsari Kecamatan Rawamerta, Kamis (9/12/2021).

Karawang, iNews.id - Ormas Masyarakat Karawang Bersatu (MKB) bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karawang melaksanakan kegiatan Ngarumat Jagat bertempat di Monumen Rawagede, Desa Balongsari Kecamatan Rawamerta, Kamis (9/12/2021).

Ketua MKB Karawang Rere mengungkapkan, pelaksanaan kegiatan ngarumat Jagat tujuannya untuk mengingat kembali budaya sunda bagi warga Asli Karawang. Menurutnya kegiatan ini berlangsung 3 hari, mulai tanggal 9 hingga 11 Desember.

Didalam kegiatan ini kata Rere, warga masyarakat Karawang bisa menyaksikan berbagai kegiatan seni budaya asli Karawang seperti topeng banjet, tari jaipong, arak dongdang, pencaksilat, debus, tanjidor dan sejumlah permainan Sunda diantaranya Engrang, Dampu, serta main galah.

"Seluruh budayawan Karawang menampilkan kreasinya di ngarumat jagat ini,"ucap Rere.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Karawang Yudi Yudiawan mengatakan, kegiatan rumat jagat yang di Selenggarakan oleh MKB ini baru petama kalinya diadakan di Depan Monumen Rawagede. Ia berharap, kegiatan ngarumat jagat ini dapat meningkatkan obyek iisata sejarah Monumen Rawagede di Desa Balongsari.

"Kegiatan ini baik sekali untuk mengingat
 budaya Sunda bagi masyarakat Karawang asli. Selain itu di acara ngarumat jagat ini para seniman dan budayawan bisa saling silaturahim. Kedepanya akan kita upayakan kegiatan ngarumat jagat ini diadakan setiap tahun bertepatan dengan hari pembantaian pada tanggal 9 Desember 1947 lalu oleh Serdadu Belanda di lokasi Rawagede ini,'tutur Yudi.

Sementara dalam kegiatan ngarumat jagat ini selain menampilkan berbagai ragam kesenian Sunda, juga santunan anak yatim piatu.

Editor : Frizky Wibisono

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut