get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Tips Obati Tumit Pecah-pecah Pakai 5 Bahan Alami, Salah Satunya Cuka

Sabtu, 26 November 2022 | 11:15 WIB
header img
Cuka apel. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Permasalahan kulit kaki, yakni kondisi tumit yang pecah kerapkali membuat para kaum hawa mengeluh. Hal ini dapat terjadi karena kaki tidak memiliki kelembaban.

Dengan hilangnya kelembapan tersebut, tumit juga menjadi kering dan pecah-pecah. Jadi untuk menjaga kaki tetap lembut, halus, serta kenyal perlu melakukan rutinitas menggunakan pelembap harian.

Tumit pecah-pecah juga dapat meimbulkan rasa sakit dan berikut adalah beberapa pengobatan rumahan menggunakan bahan alami yang dapat Anda coba untuk meredakannya, seperti dihimpun dari laman Pinkvilla, Sabtu (20/11/2021).

1. Cuka

Cuka sebagai exfoliator ringan seperti madu dapat menenangkan dan menyembuhkan kulit tumit pecah-pecah. Encerkan campuran menggunakan satu bagian cuka dan dua bagian air.

Ini mungkin mengeluarkan bau yang kuat setelah dioleskan ke kaki Anda tetapi akan hilang setelah mengering. Anda juga dapat menambahkan beberapa minyak esensial untuk aroma yang diinginkan.

2. Madu

Madu sangat melembapkan dan juga memiliki sifat antimikroba serta antibakteri. Bahan alami ini juga dapat bertindak sebagai exfoliator dan membantu penyembuhan luka. Gunakan mangkuk untuk membuat campuran madu dan air mawar dan biarkan selama minimal 15 menit setelah dioleskan, bilas.

3. Pisang

Ambil beberapa buah pisang matang, tumbuk dan gosokkan ke kaki Anda. Kaya akan potasium, pisang memiliki potensi pelembap yang hebat yang dapat menyembuhkan tumit pecah-pecah. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

4. Batu apung

Batu apung datang dalam berbagai bentuk dan ukuran yang dimaksudkan untuk mengelupas kaki Anda. Rendam tumit Anda dalam air hangat dan gosok dengan baik selama beberapa menit. Lalu ikuti rutinitas harian melembapkan kaki Anda sebelum tidur.

5. Gel lidah buaya

Lidah buaya adalah pelembap yang sangat baik dan juga sangat menghidrasi. Ini juga menahan kelembapan di kulit, meningkatkan produksi kolagen juga yang akan membantu memperbaiki tumit pecah-pecah. Ekstrak sejumlah gel lidah buaya segar dan oleskan dengan memijatnya ke kaki Anda. Kemudian bilas setelah 20 menit.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul 5 Bahan Alami Rumahan untuk Obati Tumit Pecah-Pecah, Mudah dan Praktis

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut