Logo Network
Network

Ini Alasannya Manusia Tak Bisa Menggali hingga Menembus Bumi

Ahmad Muhajir , Okezone
.
Kamis, 24 November 2022 | 18:51 WIB
Ini Alasannya Manusia Tak Bisa Menggali hingga Menembus Bumi
Tahukah Anda, manusia tak bisa menggali hingga menembus Bumi, begini alasannya (Foto: INSH)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Sagala sesuatunya ada keterbatasan. Seperti kemampuan manusia menembus angkasa sudah biasa, tetapi apakah bisa kita menggali tanah sampai menembus inti Bumi?

Tentunya sebagian orang bisa saja berandai-andai, apa jadinya kalau hal itu bisa dilakukan.

Ternyata jawaban dari hal itu adalah tidak bisa, karena faktanya semakin dalam inti Bumi akan semakin panas juga suhunya. Disadur dari kanal YouTube Kok Bisa?, Kamis (24/11/2022), 

Diperkirakan bahwa suhu inti Bumi mencapai sekitar 6.000 derajat Celcius atau setara suhu permukaan Matahari.

Namun, semenjak adanya perkembangan dan kemajuan teknologi sebenarnya sudah memungkinkan bagi manusia untuk mencari tahu ada apa di bawah kaki kita berpijak.

Sebelumnya, pernah ada studi yang melakukan penggalian dengan jarak terdalam yang bisa digali manusia, yaitu hanya 12 kilometer.

Padahal ternyata, diameter yang dimiliki oleh Bumi kita ini adalah sekitar 12.742 kilometer sehingga masih ada ribuan kilometer lagi yang perlu ditempuh untuk menggali lebih dalam sampai dasar atau inti Bumi.

Jika manusia dapat menggali Bumi sampai menembus ke bagian inti permukaan Bumi, nyatanya hal tersebut bukan kegiatan yang menyenangkan.

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan semakin jauh menuju inti Bumi, maka semakin besar juga tekanan udara yang akan dirasakan.

Jumlah tekanan udara yang besar tersebut bahkan dapat membuat tubuh manusia meledak.

Selain itu, jika manusia menggali ke dalam Bumi maka harus menghadapi gaya yang disebut “Coriolis Force” di mana ini merupakan gaya pada rotasi Bumi yang membelokkan arah arus.

Jika manusia dapat membuat lubang yang menembus ujung Bumi yang hampa udara, kira-kira berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai melewati ke permukaan? Jawabannya adalah tidak sampai satu jam, melainkan hanya 45 menit.

Hal tersebut karena pengaruh dari gaya gravitasi pada kecepatan perjalanan sehingga manusia bisa melewati dengan kecepatan tinggi setiap kilometernya, tetapi hal itu tentu sangat mustahil untuk dilakukan.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini