get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Komisi X DPR RI Kunker ke Karawang Bahas Ekraf

Jum'at, 18 November 2022 | 17:29 WIB
header img
Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik terkait Ekonomi Kreatif (Ekraf). (Foto: Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) lakukan Kunjungan Kerja (Kunker) Spesifik terkait Ekonomi Kreatif (Ekraf) di Aula Lantai 3 Gedung Singaperbangsa, Kabupaten Karawang. 

Pada kunkernya tersebut, turut dihdirkan juga oleh Kepala Disparbud Karawang yang didampingi oleh Kepala Bidang Ekraf, Ketua DPRD Karawang beserta beberapa jajaran komisi DPRD Karawang, Kepala Disperpusarsip Karawang 

Dalam pembahasannya, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi mengatakan bahwa, Komisi X DPR RI mendukung penuh pengembangan Ekraf di Kabupaten Karawang, salah satunya seni musik dan pertunjukan. 

"Kebetulan rombongan Komisi X yang hadir di Karawang hampir seluruhnya. Ini membuktikan bahwa kami serius memperhatikan pengembangan Ekraf dan memberikan sumbang saran untuk potensi potensi Ekraf yang belum tergali di Karawang," ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi, Jumat (18/11/2022).

Tidak hanya itu, Ia juga mengatakan, berdasarkan dari paparan data pihak Disparbud yang menempatkan seni musik serta pertunjukan sebagai penghasil pelaku ekraf tertinggi di Karawang, maka seharusnya Karawang layak menjadi daerah seni pertunjukan. 

"Kalau berbicara Bandung, sudah bergeser menjadi kota kuliner dan fashion. Cirebon sudah identik dengan pesona sejarah. Karawang kami yakin bisa menampilkan persona sebagai Kota Seni Pertunjukan," ungkapnya. 

Lanjutnya, Dede juga menjelaskan, Komisi X DPR RI adalah salah satu dari sebelas Komisi DPR RI dengan ruang lingkup tugas di Bidang Pendidikan, Riset, Olahraga, dan Kepariwisataan. 

"Adapun mitra kerja Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (Komisi X DPR RI) meliputi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatiif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Perpustakaan Nasional," pungkasnya.

Diketahui, pada Kegiatan Kunker Spesifik Komisi X DPR RI, selain melakukan kunker ke Kabupaten Karawang, kunker spesifik tersebut dilakulan ke beberapa daerah, di antaranya ke Cirebon dan Tegal.  Dan untuk poinnya, di dalam masa pemulihan ekonomi ini, untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif didorong agar pemerintah daerah melakukan berbagai program yang menunjang pengembangan ekraf.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut