get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

KKN Tematik Unsika Sosialisasi Penggunaan e-Samsat dan Penyediaan Layanan Samsat Keliling

Sabtu, 12 November 2022 | 08:58 WIB
header img
Pelaksanaan dan pelayanan Samsat Keliling di Balai Desa Sungai Buntu sebagai akhir dari program KKN Sosialisasi Penggunaan e-Samsat dikarenakan terdapat beberapa data yang menyebutkan kendala dalam pembayaran pajak yaitu terkait jarak tempuh. (Foto: ist)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - 24 mahasiswa lintas program studi dari Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) dibimbing dosen pembimbing lapangan Muhammad Nasim Harahap, S. E., M.S.E. melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik di Desa Sungai Buntu, Kecamatan Pedes, Karawang. Kelompok 130.

Kegiatan ini berlangsung dari 3 Agustus 2022 sampai 26 Oktober 2022.

Dengan tema kegiatan KKN adalah Sosialisasi Penggunaan e-Samsat di Desa Sungai Buntu Kabupaten Karawang.

Rangkaian agenda aktivitas  berisi pendataan dan sosialisasi terkait pajak kendaraan bermotor. Desa Sungai Buntu yang menjadi lokasi KKN merupakan desa yang memiliki jumlah penduduk sekitar 10.536 jiwa, dengan rata– rata mata pencaharian utamanya sebagai seorang nelayan. 

Program kerja dimulai dengan pendataan warga Desa Sungai Buntu terkait e-Samsat. Pembuatan form untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat pembayaran pajak, dengan melakukan wawancara ke tujuh dusun dengan cara door to door, aplikasi yang akan disosialisasikan yaitu Sambara dan kendaraan yang masih memiliki pajak. Serta memberikan pengetahuan bagaimana cara menggunakan aplikasi Sambara hingga tahapan yang harus dilakukan jika ingin menggunakannya. Menghimpun data yang sudah dikumpulkan lalu mengkaji apa yang diperlukan warga agar dapat memberikan solusi yang sesuai dengan yang di keluhkan. Selanjutnya, melakukan penyediaan layanan samsat keliling untuk masyarakat Desa Sungai Buntu, dilakukan layanan pembayaran pajak melalui samsat keliling.

Program KKN ini memberikan banyak pengalaman serta pembelajaran yang lebih berkesan karena dilaksanakan secara langsung turun ke lapangan. Kedekatan yang terjalin antar mahasiswa serta warga masyarakat setempat juga berdampak pada perkembangan softskill yang dimiliki khususnya kerjasama tim, komunikasi, analisa masalah, empati, kepemimpinan, serta menghargai terhadap sesama.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut