Bagi Prabowo, Dukungan Jokowi dan NU Jadi Amunisi Tambahan Menuju Pilpres 2024

Inin Nastain, SINDOnews
.
Selasa, 08 November 2022 | 12:15 WIB
Prabowo Subianto /Foto: Tim Media Center Prabowo

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Direktur Eksekutif Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam, dalam konferensi pers daring, Senin 97/11/2022) mengatakan, dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk salah satu tokoh Calon Presiden (Capres) pada Pemilu 2024 mendatang memiliki arti yang besar. Keberadaan relawan, menjadi salah satu modal besar bagi Capres yang akan didukung oleh mantan Walikota Solo itu.

“Peran presiden itu sangat penting dan salah satu variabel kekuatan politik Capres. Dukungan presiden sangat penting karena Presiden Jokowi memiliki otoritas kewenangan. Dengan jabatannya, dia bisa menempatkan orang-orangnya untuk menjadi dalam tanda petik 'mesin politik',”paparnya. 

Kedua, jelas dia, relawan yang royal dan loyal kepada Jokowi dipastikan akan mengikuti setiap arahan yang diberikan. Kondisi itu, tentu menjadi kekuatan besar bagi siapa saja yang didukung oleh Jokowi.

“Pak Jokowi ini memiliki relawan yang royal dan loyal. Sehingga apa arah politik, relawan akan mengikuti pilihan politiknya Pak Jokowi. Artinya, ketika Pak Jokowi mendukung salah satu Capres, misalnya Prabowo Subianto, tentu itu akan menambah kekuatan politik bagi Capres yang akan maju dalam pilpres 2024,” jelas dia.

Dukungan komunitas besar juga menjadi modal bagi Capres tertentu. Nahdlatul Ulama (NU) adalah ormas besar yang bisa jadi modal mendulang suara, ketika sudah menentukan pilihan.

“Salah satu komunitas besar di Indonesia adalah Nahdlatul Ulama. Ketika mendapat dukungan NU, tentu saja ini adalah kekuatan, amunisi politik baru yang bisa menambah elektabilitas,” papar dia.

Hal tersebut, jelas dia sudah dikantongi oleh Menteri Pertahanan itu. Dalam salah satu video, jelas dia, pernah ada pernyataan dukungan yang disampaikan oleh fatayat kepada Prabowo.

“Kalau tidak salah saya pernah melihat di Youtube itu Pak Prabowo didukung forum fatayat ya, bahwa fatayat akan mendukung Prabowo Subianto. Kalau ini benar, tentu ini jadi semacam amunisi politik yang luar biasa. Karena kita tahu warga NU cukup banyak. Sehingga dukungan tersebut kalau massif, itu kemudian bisa menambah elektabilitas Pak Prabowo Subianto,” beber dia.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul Dukungan Jokowi dan NU Jadi Amunisi Tambahan Bagi Prabowo

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini