get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Mengulik 6 Negara Asia yang Hanya Sekali Ikut Piala Dunia, Nomor 1 Indonesia!

Kamis, 03 November 2022 | 15:20 WIB
header img
Berikut 6 Negara Asia yang hanya sekali tampil di Piala Dunia. (Foto : twitter/ @Oldfootball11)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Piala Dunia merupakan ajang sepakbola paling bergengsi, sehingga tak heran banyak negara ingin ikut berpartisipasi di turnamen empat tahunan tersebut.

Sayangnya, untuk bisa menembus putaran final tidaklah mudah. Tim nasional dari berbagai negara harus melalui proses kualifikasi yang panjang dan melibatkan banyak tim. Karena itulah, banyak negara yang tidak bisa ikut turnamen ini atau hanya pernah ikut sekali saja. Seperti yang dialami 6 negara Asia ini yang hanya sekali Ikut Piala Dunia. Siapa saja?

Berikut 6 negara Asia yang hanya sekali ikut Piala Dunia:

1. Timnas Indonesia-Hindia Belanda (Piala Dunia 1938)

Edisi ketiga Piala Dunia atau tepatnya 1938 merupakan pertama kalinya Indonesia debut di ajang bergengsi tersebut. Saat itu, Indonesia masih bernama Hindia Belanda. Hindia Belanda pun tercatat sebagai negara pertama Asia yang tampil di Piala Dunia.

Indonesia menembus Piala Dunia setelah Jepang memutuskan mengundurkan diri dari kualifikasi Piala Dunia 1938 zona Asia. Namun, debut pertama Indonesia tak berbuah manis. Pasalnya, Indonesia harus tumbang di tangan Hungaria dengan skor 0-6. Indonesia pun menjadi satu-satunya negara yang hanya melakoni satu pertandingan di Piala Dunia!

2. Timnas Kuwait (Piala Dunia 1982)

Kuwait menjalani debutnya di Piala Dunia 1982 setelah menduduki posisi pertama dalam kualifikasi AFC dan OFC. Sama seperti negara Asia lainnya, Kuwait gagal lolos fase grup setelah ditumbangkan Prancis dan Inggris. Meski begitu, Kuwait sempat menahan Cekoslovakia 1-1.

3. Timnas Irak (Piala Dunia 1986)

Piala Dunia edisi 1986 di Meksiko menjadi ajang debut Irak di turnamen empat tahunan ini setelah mengalahkan Suriah dalam babak kualifikasi.

Malangnya, Irak harus berhadapan dengan tuan rumah Meksiko, Paraguay, dan Belgia yang membuatnya tak bisa berbuat banyak. Tak berhasil mendapatkan poin satu pun membuat Irak terbenam di dasar klasemen

4. Timnas Uni Emirat Arab (Piala Dunia 1990)

Berhasil menduduki posisi kedua dalam klasemen akhir kualifikasi, membuat UEA berhasil menembus Piala Dunia 1990 Italia bersama wakil Asia lainnya, Korea Selatan.

Sayangnya, UEA harus berhadapan dengan Jerman Barat, Yugoslavia, dan Kolombia yang membuatnya kalah dalam tiga laga. UEA pun berakhir sebagai juru kunci.


5. Timnas China (Piala Dunia 2002)

Negeri Tirai Bambu ini baru sekali berlaga di Piala Dunia, yakni pada edisi 2002 yang kala itu dilaksanakan di Korea Selatan dan Jepang. Meski sempat memimpin Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, namun China dibuat tak berkutik saat masuk putaran final.

Pasalnya, China yang baru debut harus melawan klub kuat, seperti Brasil, Turki, dan Kosta Rika. Alhasil, China selalu kalah dalam tiga laga yang dijalani di fase grup.

6. Timnas Qatar (Piala Dunia 2022)

Sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022, negara ini tentu memiliki kesempatan berlaga di turnamen empat tahunan ini. Sebagai salah satu wakil Benua Asia, Timnas Qatar dianggap sebagai underdog karena ini adalah pertama kali negara ini ikut Piala Dunia.

Pada debut perdananya ini, Qatar akan berhadapan dengan tim-tim kuat, seperti Belanda, Ekuador, dan Senegal di Grup A. Hanya juara grup dan runner-up grup yang diizinkan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut