Logo Network
Network

Benarkah Burung dan Pesawat Tidak Bisa Terbang di Atas Kakbah? Ini Jawabannya

Kiki Oktaliani , MNC Portal
.
Senin, 31 Oktober 2022 | 16:52 WIB
Benarkah Burung dan Pesawat Tidak Bisa Terbang di Atas Kakbah? Ini Jawabannya
Ilustrasi cek fakta burung dan pesawat tidak bisa terbang tepat di atas Kakbah. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Diketahui bahwa Kakbah merupakan bangunan suci yang dijadikan arah kiblat sholat umat Islam dunia.

Benarkah burung dan pesawat tidak terbang diatas kabah ? Sebuah unggahan di linimasa media sosial mengklaim bahwa burung dan pesawat tidak bisa terbang di atas Kakbah di kota suci Makkah, Arab Saudi. Pasalnya, Makkah disebut-sebut sebagai pusat Planet Bumi.

Mitos atau fakta burung dan pesawat tidak bisa terbang tepat di atas Kakbah? Berikut ini ulasannya, sebagaimana telah MNC Portal himpun.

Burung dan pesawat tidak terbang tepat di atas Kakbah merupakan sebuah mitos. Nyatanya banyak rekaman yang menunjukkan bahwa burung-burung dan pesawat bisa saja melintas di atas Kakbah. Bahkan di beberapa foto, burung bertengger di atas Kakbah. 

Tidak hanya burung, banyak klaim yang juga tidak kalah ramai dibahas di jagat maya, mengapa pesawat tidak bisa terbang di atas Kakbah? Ini tentu dapat dijelaskan secara empiris.

Seorang peneliti dalam dinamika fluida geologi di Institut Fisika Paris mengatakan bahwa Planet Bumi memiliki medan magnet yang "berasal dari inti fluida sebagai pusatnya" dan bukan di Makkah.

Gangguan magnetik ini tidak mencegah pesawat terbang yang dapat mengganggu kompas. Pesawat jelas menggunakan sistem ekolokasi yang lebih modern.

Seperti banyak orang telah ketahui, Kakbah yang terletak di Makkah merupakan salah satu tempat suci yang menjadi bagian dari rangkaian ibadah umat Islam. 

Kunjungan dari jamaah umrah dan haji sudah cukup banyak setiap tahunnya, hal ini menjadi salah satu alasan Pemerintah Arab Saudi tidak membangun bandara di Makkah, yang tentu akan mengganggu rangkaian ibadah para jamaah jika terjadi penumpukkan penumpang.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini