Simak Alasan Mengapa Umat Islam Mengangkat Tangan Ketika Berdoa?

Vessy Frizona, Okezone
.
Kamis, 27 Oktober 2022 | 12:32 WIB
Berdoa mengangkat kedua telapak tangan. (Foto : Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Berdoa merupakan suatu cara untuk meminta kepada Allah agar seluruh keinginan kita terpenuhi. Setiap umat  muslim yang berdoa, mereka menganggat kedua tangannya dengan posisi menengadah seraya dan memohon pemberian.

Lantas, mengapa umat muslim mengangkat tangan ketika sedang berdoa? Dalam salah satu buku Doa Menembus Langit karya Hj. Fadillah Ulfa, Lc., M.A., disebutkan bahwa berdoa memiliki suatu etika, yaitu salah satunya dengan mengangkat kedua tangan ke atas langit kemudian mengusapkannya ke wajah setelah berdoa.

Dalam sebuah hadist dijelaskan, “Mintalah kepada Allah SWT dengan menggunakan kedua telapak tangan kalian dan janganlah berdoa dengan punggung telapak tangan. Jika kalian telah selesai berdoa, usaplah kedua tangan itu ke wajah kalian.” (HR. Abu Dawud).

Sementara itu dalam hadits lain Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kalian adalah Dzat Yang Maha Pemalu lagi Maha Pemurah, Dia akan malu apabila seorang hamba mangangkat tangan (berdoa kepada-Nya) lalu dia menarik tangannya kembali dengan sia-sia (doanya tidak terkabul).” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Mengangkat kedua tangan merupakan salah satu faktor yang dapat membuat hati semakin khusyuk dan tunduk. Beberapa banyak orang yang berdoa tetapi tidak merasakan nikmatnya berdoa sambil mengangkat tangan ke arah langit. Jadi mereka benar-benar merasakan kebesaran Sang Khalik dan kelemahan diri sebagai makhluk.

Artikel ini telah diterbitkan di Okezone dengan judul " Alasan Penting Kenapa Umat Islam Mengangkat Tangan saat Berdoa? "

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini