Ngeri, Air Sungai Cilamaran Karawang Berubah Merah, Ternyata ini Penyebabnya

Faizol Yuhri
.
Jum'at, 30 September 2022 | 14:16 WIB
limbah yang mencemari Sungai Cilamaran. (Foto : iNews Karawang/ Faizol Yuhri)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Air sungai Cilamaran, Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Karawang tiba-tiba berwarna merah darah, Jumat (30/9) pagi.

Warga setempat langsung heboh begitu mendapati air sungai tiba-tiba berubah warna pada jam enam pagi tadi.

"Kami semua kaget, air kali tiba-tiba berubah menjadi merah tadi pagi. Penyebabnya kami belum tahu. Namun setelah ditelusuri pihak kelurahan, ternyata sumbernya di salah satu gudang daerah Margasari," ujar Ketua RW 14, Kelurahan Palumbonsari, Kecamatan Karawang Timur, Aep Saepuloh.

Tidak lama kemudian, Dinas Lingkungan Hidup Karawang dibantu petugas kepolisian dan Satgas Citarum Sektor 19 menelusuri muasal limbah yang mengubah warna air sungai.

Hasil penelusuran membawa mereka ke gudang drum yang diduga menjadi lokasi pembuangan limbah. 

Kepala Bidang Penataan Peraturan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Karawang, Meli Rachmawati mengatakan, limbah yang mencemari Sungai Cilamaran berasal dari pencucian drum-drum tersebut. 

Drum itu berisi pewarna kimia yang digunakan untuk bahan mewarnai pupuk. "Kalau dari keterangan itu merupakan pewarna yang biasa digunakan untuk pupuk, " katanya. 

Meli mengungkapkan pihaknya telah mengambil sampel dari air sungai dan bahan pewarna di dalam drum untuk dilakukan uji laboratorium.

Editor : Boby
Bagikan Artikel Ini