get app
inews
Aa
Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Tim KKN-49 Unsika Ajak Pelajar Desa Kiara untuk Membuat Pohon Literasi dan Pengenalan IT

Sabtu, 17 September 2022 | 12:56 WIB
header img
Kegiatan program kerja (proker) “Gerakan Literasi Sekolah” untuk siswa/i SDN Kiara 1 dan SDN Kiara 2 di Desa Kiara, Cilamaya Kulon, Karawang. (Foto: Faizol Yuhri)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Tim KKN-49 Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) yang dibimbing Ramlah, S.Pd., M.Pd menyelenggarakan kegiatan program kerja (proker) “Gerakan Literasi Sekolah” atau yang lebih dikenal dengan singkatan GLS dan pengenalan IT. Kegiatan ini diadakan untuk siswa/i SDN Kiara 1 dan SDN Kiara 2 di Desa Kiara, Cilamaya Kulon, Karawang, pada Selasa, 13 September 2022.

“Tujuan diadakannya proker gerakan literasi ini yaitu untuk meningkatkan minat membaca bagi siswa. Dikarenakan anak jaman sekarang minimnya literasi dalam membaca dan kebanyakan menggunakan handphone-nya untuk mengakses sosial media seperti tiktok, instagram, dan lain sebagainya. Dengan diadakannya kegiatan membuat pohon literasi atau prakarya dari hasil bacaan siswa/i seperti ini semoga dapat menambah wawasan bagi mereka juga dan dapat menanamkan pembiasaan baik yaitu pembiasaan membaca," ujar Omi, selaku ketua koordinasi bidang Pendidikan.

Gerakan literasi sekolah yang diadakan oleh tim KKN-49 Unsika pada Selasa kemarin sangat mendapat antusias yang baik dari kepala sekolah, guru, dan siswa/i SDN Kiara 1 dan 2. 

“Alhamdulillah kegiatan kemarin berlangsung dengan lancar, siswa siswi di SD kiara 1 dan 2 sangat antusias dengan kegiatan yang kami laksanakan. Semoga kegiatan kami dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan terus dilaksanakan oleh pihak sekolah dan siswa siswi semuanya," kata Ramdhan, ketua tim KKN-49.

Menurut Helmi selaku wali kelas 5 SDN Kiara 2, “Kegiatan ini sangat bagus sebagai wadah atau wahana untuk menumbuhkan minat baca siswa di sekolah. Di mana jika sesuai dengan kurikulum 2013 diadakan literasi sebelum memulai pelajaran, jadi kegiatan GLS kemarin tentunya sangat bermanfaat untuk menumbuhkan kebiasaan literasi siswa."

Dalam hari yang sama, tim KKN-49 Unsika juga berhasil mengadakan kegiatan tambahan yakni pengenalan IT untuk siswa/i SDN Kiara 1 dan 2, dengan tujuan mengedukasi para siswa/i untuk lebih mengenal dan mengetahui cara menggunakan alat IT seperti laptop. 

Setelah kedua kegiatan proker tersebut terselenggara, tim KKN-49 Unsika sudah membuat rencana proker utama yang akan dilakukan Sabtu, 17 September 2022.

“Selanjutnya dari kami segera mempersiapkan diri untuk kegiatan proker selanjutnya agar berjalan lebih baik lagi," sambung Ramdhan.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut