Logo Network
Network

Miliki Bau Mulut Tak Sedap? Berikut 5 Penyebabnya! Yuk Simak

Intan Afika Nuur Aziizah , Okezone
.
Senin, 12 September 2022 | 17:45 WIB
Miliki Bau Mulut Tak Sedap? Berikut 5 Penyebabnya! Yuk Simak
Bau mulut (Foto: Timesofindia)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai penyebab bau mulut tak sedap. Memiliki permasalahan bau mulut memang sangat menyebalkan. Terkadang bau mulut dapat mengganggu aktivitas lantaran membuat orang lain tidak nyaman ngobrol dengan orang yang memiliki bau mulut tak sedap.

Lantas, apa sih penyebab bau mulut?

Bau mulut atau yang disebut halitosis dalam bahasa medis ini disebabkan oleh bakteri-bakteri yang tumbuh dan berkembang biak dalam mulut. Akibatnya, saat membuka mulut atau membuang napas lewat mulut, keluarlah aroma yang tidak sedap.

Biasanya orang menganggap bau mulut karena malas gosok gigi. Tapi, sebenarnya bukan karena hal tersebut. Berikut 5 penyebab bau mulut yang dikutip dari Mayoclinic, Minggu (11/9/2022).

Mulut kering

Air liur membantu membersihkan mulut Anda, menghilangkan partikel yang menyebabkan bau tak sedap. Suatu kondisi yang disebut mulut kering atau xerostomia dapat menyebabkan bau mulut karena produksi air liur menurun.

Mulut kering secara alami terjadi saat tidur, menyebabkan "napas pagi", dan akan memburuk jika Anda tidur dengan mulut terbuka. Mulut kering kronis dapat disebabkan oleh masalah pada kelenjar ludah dan beberapa penyakit.

Makanan

Penyebab bau mulut selanjutnya adalah makanan. Pecahnya partikel makanan di dalam dan di sekitar gigi dapat meningkatkan bakteri dan menyebabkan bau tak sedap.

Makan makanan tertentu, seperti bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah, juga bisa menyebabkan bau mulut. Setelah mencerna makanan ini, mereka memasuki aliran darah, lalu dibawa ke paru-paru dan mempengaruhi pernapasan Anda.

Produk tembakau

Penyebab bau mulut berikutnya adalah produk tembakau. Merokok menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Perokok dan pengguna tembakau oral juga lebih cenderung memiliki penyakit gusi, sumber bau mulut lainnya.

Infeksi di mulut

Penyebab bau mulut berikutnya adalah infeksi di mulut. Bau mulut dapat disebabkan oleh luka operasi setelah operasi mulut, seperti pencabutan gigi, atau akibat kerusakan gigi, penyakit gusi atau sariawan.

Kondisi mulut, hidung dan tenggorokan

Penyebab bau mulut terakhirnya dapat disebabkan oleh kondisi mulut, hidung, dan tenggorokan. Bau mulut kadang-kadang bisa berasal dari batu-batu kecil yang terbentuk di amandel dan ditutupi dengan bakteri yang menghasilkan bau. Infeksi atau peradangan kronis pada hidung, sinus atau tenggorokan, yang dapat menyebabkan postnasal drip, juga dapat menyebabkan bau mulut.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.