get app
inews
Aa Read Next : Perihal UKT Mahal, Mahasiswa Harap Pemerintah Lebih Konsisten Jalankan UUD

Mahasiswa Unsika Berikan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

Minggu, 11 September 2022 | 13:28 WIB
header img
Mahasiswa KKN Unsika di Desa Kedungjaya sedang melakukan sosiaslisasi Pendidikan Politik Pemilih Pemula dan Sosialisasi Mauk PTN/PTS dan Sekolah Kedinasan di SMAN 1 Cibuaya.

KARAWANG, iNews.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) Kelompok 29 melakukan sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula di SMAN 1 Cibuaya Desa Kedungjaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. 

Sebagai langkah mewujudkan generasi muda yang paham politik dan upaya menyambut Pemilu serentak 2024 dalam kurun waktu yang cukup dekat ini, dirasa perlu memberikan pemahaman siswa/i yang termasuk ke dalam kategori pemilih pemula sebagai wujud meningkatkan kesadaran politik siswa/i dalam berpartisipasi sebagai agent of change.

Dalam kegiatan ini siswa/i kelas XII MIPA dan IPS terlihat begitu antusias mendengarkan pemaparan materi yang diberikan diantaranya pemahaman apa itu politik, apa itu pemilu, dan mengapa pemilih pemula memiliki peran tersendiri di dalam pemilu. Kegitan tersebut dihadiri sekitar 110 siswa/i SMAN 1 Cibuaya. Sosialisasi Pendidikan Politik diharapkan mampu memberikan gambaran serta pemahaman politik bagi pemilih pemula untuk dapat memahami dan mengimplementasikan serta membangun partisipasi dalam mensukseskan pemilu serentak 2024.

Kegiatan sosialisasi tersebut merupakan rangkaian kegiatan yan diinisiasi oleh Mahasiswa KKN Unsika 2022. Sebelumnya juga diselanggarakan Sosialisasi Masuk Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dan Sekolah Kedinasan. 

“Pihak sekolah mengkhawatirkan para siswa/i SMAN 1 Cibuaya terkhususnya kelas XII MIPA maupun IPS tidak memiliki minat kembali dalam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi padahal pihak sekolah sudah memberikan ruang serta informasi salah satunya terkait beasiswa untuk memudahkan dari segi perekonomian siswa yang memang berniat kuliah,” kata Albi Gifani, selaku operator di SMAN 1 Cibuaya, Kamis (11/09/2022).

Hasil yang ingin dicapai dari sosialisasi PTN/PTS dan kedinasan (28/8/2022) yang sudah diselenggarakan. Diantaranya memberikan hasil yang positif dengan tujuan membangun semangat, minat serta memberikan gambaran dan mengubah pola pikir atau pandangan siswa/i untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Menurut data yang dirilis oleh Pemerintah Pusat, Kabupaten Karawang merupakan salah satu kabupaten yang masih memiliki penduduk desa dengan kategori miskin ekstrem salah satunya adalah Desa Kedungjaya. Kegiatan sosialisasi tersebut diinisiasi oleh para mahasiswa untuk mendorong masyarakat bangkit dari kemisikinan salah satunya dengan meningkatkan pendidikan. 

Ditemui dalam kesempatan yang lain, Haura selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Unsika menyatakan bahwa, “Dalam program KKN, biasanya mahasiswa fokus kepada penyuluhan tantang pertanian, bumdes, UMKM dan lainnya tapi sosialisasi dalam pendidikan politik masih sangat jarang dilakukan, padahal Peter Merkl (1967) menyatakan bahwa Politik dalam bentuk yang paling baik adalah usaha untuk mencapai suatu tatanan sosial yang baik dan berkeadilan. Sehingga jelas memberikan pemahaman politik kepada masyarakat salah satunya sosialisiasi pemilu kepada pemilih pemula perlu untuk dilakukan."

Ia juga menjelaskan pemahaman politik yang baik bagi masyarakat dapat membuka pandangan yang keliru tentang politik di masyarakat. Contohnya dalam pemilu tidak melulu tentang seberapa banyak uang yang diberikan kontestan politik kepada calon pemilihnya melainkan kebijakan apa yang akan diambil oleh calon tersebut untuk membawa perubahan yang baik di masa depan.

 

 

Editor : Faizol Yuhri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut