Logo Network
Network

Soal JIS Disebut Belum Layak oleh PSSI, Kaesang Pengarep Ikut Komentari

Djanti Virantika , Okezone
.
Minggu, 11 September 2022 | 11:57 WIB
Soal JIS Disebut Belum Layak oleh PSSI, Kaesang Pengarep Ikut Komentari
Kaesang Pangarep komentari soal klaim PSSI yang sebut JIS belum layak gelar pertandingan Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@kaesangp)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Usai menyebut Jakarta International Stadium (JIS) yang terletak di Jakarta itu belum layak menggelar pertandingan Timnas Indonesia karena belum berstandar FIFA, kini Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sedang jadi sorotan dari berbagai  pihak, termasuk dari putra Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep, ikut memberi komentar.

Padahal sebelumnya, PSSI disebut berencana menggunakan JIS sebagai kandang Timnas Indonesia saat menghadapi Timnas Curacao pada FIFA Matchday September 2022. Namun, rencana itu batal dilakukan karena PSSI mengklaim infrastruktur JIS belum layak untuk digunakan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan pihaknya telah melakukan uji kelayakan JIS. Hasilnya, beberapa infrastruktur JIS dianggap belum layak untuk menggelar FIFA Matchday.

Alhasil, JIS tak jadi menggelar pertandingan Timnas Indoanesia melawan Timnas Curacao di FIFA Matchday September 2022 ini. Alhasil, Stadion Pakansari, Bogor, dan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, menjadi opsi pengganti JIS.

Sontak, klaim ini jadi sorotan. Sebab, JIS sendiri sebenarnya sudah dua kali untuk ajang internasional. Dua ajang itu adalah International Youth Championship 2022 yang melibatkan Barcelona junior, Atletico Madrid junior, Indonesia Allstar, dan Bali United junior, serta pertandingan Persija Jakarta melawan Chonburi beberapa waktu lalu.

Pihak Jakpro lewat Plt Direktur Proyek JIS, Arry Wibowo, sendiri sudah menegaskan bahwa JIS telah menyelesaikan pembangunan stadion kelas dunia berstandar FIFA. Arry menjelaskan JIS sudah memenuhi kriteria rekomendasi teknis dan persyaratan stadion sepakbola standar FIFA dalam setidaknya 10 poin.

Mendapati kabar ini, Kaesang pun ikut angkat bicara. Bak menyindir PSSI, pemilik Persis Solo ini menyarankan nama JIS diubah menjadi Jawa Barat International Stadium. Jika hal itu dilakukan, dia yakin JIS akan langsung dipandang berstandar FIFA.

"Coba aja kalo namanya Jawa Barat International Stadium pasti auto standar FIFA," kicau Kaesang Pangarep di akun Twitter pribadinya, dikutip Sabtu (10/09/22).

Bukan tanpa alasan Kaesang menyatakan hal tersebut. Pasalnya, laga-laga Timnas Indonesia memang kerap digelar di stadion yang terletak di wilayah Jawa Barat.

Satu laga di FIFA Matchday September 2022 sendiri sudah dipastikan akan dilakoni Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 24 September. Sementara itu, venue satu laga lagi masih dipertimbangkan PSSI, yakni antara Stadion Pakansari dan Stadion Patriot.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.