get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Faperta Unsika Ajak Masyarakat Rangdumulya Ciptakan Ketahanan Pangan dari Pekarangan Rumah

Senin, 05 September 2022 | 17:49 WIB
header img
Mahasiswa dan dosen Faperta Unsika ajak petani setempat untuk tidak menanam padi saja, melainkan juga kubis bunga yang digabung dengan tanaman legum atau kacang-kacangan. (Foto: Istimewa)

KARAWANG, iNewsKarawang.id - Dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) menggalakan percontohan menanam polikultur atau pertanaman campuran di Desa Rangdumulya, Kecamatan Pedes, Karawang.

Mereka mengajak petani setempat untuk tidak menanam padi saja, melainkan juga kubis bunga yang digabung dengan tanaman legum atau kacang-kacangan. 

"Ini merupakan program dosen dan KKN mahasiswa. Bagaimana kita melihat potensi pertanian di Desa Rangdumulya yang memiliki lahan pertanian cukup luas," kata DPL KKN Devie Rienzani Supriadi, Senin (5/9/2022). 

Devie menyebutkan, untuk awal mereka melakukan pendekatan kepada PKK dan kelompok tani wanita (KWT) setempat. 

"Kita uji coba dahulu di perkarangan rumah. Pertama dilakukan terlebih dahulu oleh PKK dan KWT," katanya. 

Selanjutnya, kata Devie, pihaknya akan melakukan demplot atau uji langsung di lahan pertanian di wilayah Bintang Alam. Sedangkan di Rangdumulya merupakan program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM).

Kubis bunga dan tanaman legum sangat cocok untuk di Karawang, sehingga memiliki nilai tambah yang lebih untuk petani di Rangdumulya.

Editor : Faizol Yuhri

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut