get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

Simak 5 Tips Berikut Ini untuk Mengobati Biduran

Rabu, 31 Agustus 2022 | 16:15 WIB
header img
Biduran penyakit kulit (Foto: Timesofindia)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas mengenai tips mengobati biduran. Penyakit gatal atau sering disebut biduran adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh masyarakat. Biasanya biduran dapat sembuh dengan sendirinya, namun kambuh kembali saat alergi tidak dijauhi. Bagi Anda yang sering terkena biduran, simak tips berikut agar biduran tidak kambuh.

Rasa gatal yang mengganggu kerap menyiksa mereka yang punya masalah biduran ini. Solusi yang kerap dipilih adalah mandi air hangat, padahal ini salah besar. Perawatan terbaik dari biduran adalah mandi air dingin, karena air hangat malah membuat kulit semakin kering dan ini menjadikan biduran lebih lama terjadi.

Memang, tak bisa dipungkiri kalau saat mandi air hangat, kulit biduran terasa lebih nyaman. Sebab, rasa gatal itu tertutupi oleh suhu hangat air. Tapi, setelah mandi selesai, kulit Anda akan semakin bermasalah.

So, bagaimana cara mengobati biduran agar tak kambuh lagi?

Diterangkan dalam laman Very Well Health, pengobatan rumahan memang bisa jadi solusi mengatasi biduran. Artinya, Anda tidak harus mengandalkan obat kimia untuk mengatasi biduran.

Nah, beberapa hal di bawah ini bisa Anda lakukan jika biduran sedang muncul dan kita berharap bersama dengan melakukan itu biduran tidak muncul lagi.

1. Kompres air dingin

Jika Anda sulit untuk mandi air dingin saat biduran muncul, Anda bisa melakukan kompres air dingin tepat di area biduran keluar di kulit.

2. Pakai baju yang longgar

Jangan coba-coba mengenakan pakaian ketat jika sedang biduran. Ini akan memperburuk kondisi tubuh Anda dan rasa tidak nyaman semakin terasa di kulit. Pakaian yang terlalu ketat juga membuat kulit tergesek-gesek dan ini membuat kulit makin iritasi.

3. Pilih pakaian dengan material nyaman

Jika Anda tak ingin biduran itu muncul lagi, maka Anda mesti hindari pakaian yang tidak menyerap keringat atau tidak membuat Anda nyaman. Pilih pakaian berbahan katun atau material halus lainnya. Hindari wol, linen, denim, atau kain bertekstur yang berisiko mengiritasi kulit.

4. Segera ke tempat sejuk

Saat biduran muncul, badan terasa lebih panas dari biasanya. Karena itu, segera cari area yang sejuk untuk meminimalisir keparahan biduran. Ruangan ber-AC yang bersih pilihan yang paling tepat untuk didatangi.

5. Jangan digaruk!

Kalau bidurannya lagi keluar, jangan digaruk. Saran ini penting karena keinginan untuk menggaruk pasti tinggi saat biduran keluar. Tapi, saat Anda menggaruk biduran tersebut, kulit malah semakin gatal dan bisa terjadi iritasi di permukaan kulit.

So, itu dia cara mengobati biduran agar tidak kambuh lagi. Tipsnya sederhana, tapi kalau tidak dijalankan akan membuat Anda tetap saja harus berperang melawan biduran yang mengganggu tersebut.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut