get app
inews
Aa Read Next : Berikut Hasil Semifinal Wilayah NBA 2022-2023

3 Do'a untuk Orangtua Tercinta, Yuk Ajarkan Si Kecil!

Kamis, 25 Agustus 2022 | 14:53 WIB
header img
Infografis kumpulan doa untuk kedua orang tua. (Grafis: Maspuq Muin)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Simak bacaan doa kedua orangtua lengkap dengan Arab latin dan terjemahan berikut ini. Mendoakan orangtua merupakan salah satu bentuk bakti anak. Ini juga sebagaimana diperintahkan Allah Subhanahu wa ta'ala dan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Keutamaan doa untuk kedua orangtua sebagaimana dijelaskan dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala di Surat Luqman Ayat 14:

وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسٰنَ بِوَالِدَيۡهِۚ حَمَلَتۡهُ اُمُّهٗ وَهۡنًا عَلٰى وَهۡنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىۡ عَامَيۡنِ اَنِ اشۡكُرۡ لِىۡ وَلِـوَالِدَيۡكَؕ اِلَىَّ الۡمَصِيۡرُ

Wa wassainal bi waalidaihi hamalat hu ummuhoo wahnan 'alaa wahninw wa fisaaluhoo fee 'aamaini anishkur lee wa liwaalidaika ilaiyal maseer.

Artinya: "Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orangtuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orangtuamu. Hanya kepada Aku kembalimu." (QS Luqman: 14)

Kemudian pentingnya mendoakan kedua orangtua juga dijelaskan dalam hadis shahih. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang diambil manfaatnya, atau doa anak yang salih." (HR Muslim nomor 1631)

Nah, berikut ini kumpulan bacaan doa untuk kedua orangtua lengkap teks Arab latin dan terjemahannya bahasa Indonesia, sebagaimana dikutip dari aplikasi Apa Doanya.

1. Doa Nabi Ibrahim Alaihissallam


Berikut ini doa memohon ampun untuk diri sendiri, orangtua, dan kaum mukminin sebagaimana dibaca Nabi Ibrahim Alaihissallam:

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Robbanagh-fir lii wa liwaalidayya wa lil mu'miniina yauma yaquumul hisaab.

Artinya: "Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)." (QS Ibrahim [14]: 41)

2. Doa Nabi Nuh Alaihissallam


Selanjutnya ada doa memohon ampun untuk diri sendiri, orangtua, dan kaum mukminin yang dibaca Nabi Nuh Alaihissallam:

رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Robbigh-fir lii wa liwaalidayya wa liman dakhola baitiya mu'minan wa lil mu'miniina wal mu'minaati wa laa tazidizh-zhoolimiina illaa tabaaroo.

Artinya: "Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan." (QS Nuh [71]: 28)

3. Doa kasih sayang untuk orangtua


Lalu dapat membaca doa memohon kasih sayang untuk orangtua dari Allah Subhanahu wa ta'ala berikut ini:

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Robbir-hamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo.

Artinya: "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku sewaktu kecil." (QS Al Isra' [17]: 24)

Demikian penjelasan mengenai bacaan doa kedua orangtua lengkap dengan Arab latin dan terjemahan. Semoga sangat jelas dan memberikan manfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut