get app
inews
Aa Read Next : Berikut 4 Deretan Makanan yang Tak Mudah Bikin Gemuk

Berikut 8 Jenis Makanan Vegetarian Sehat dan Murah

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 20:13 WIB
header img
8 Makanan Vegetarian Asli Indonesia, (Foto: Instagram @galeryresepterkini)

Artikel ini akan membahas mengenai makanan vegetarian asli Indonesia. Makanan vegetarian dikenal masyarakat sebagai makanan yang sehat dan memiliki harga mahal.

Nah, jangan salah, makanan vegetarian asli Indonesia bukan hanya cukup beragam dan mudah ditemui. Tapi juga nikmat dan tidak membuat dompet Anda jebol.

Jadi penasaran kan apa saja sih makanan vegetarian asli Indonesia tersebut? Menghimpun Sehatq dan berbagai sumber, Jumat (29/7/2022) berikut di bawah ini paparan singkat 8 makanan vegetarian asli Indonesia yang cocok untuk kamu, si penyantap sayuran hingga protein nabati.

1. Sayur asem: Jenis sayur ini merupakan satu dari sederet jenis olahan sayur favorit masyarakat Indonesia. Rasa kuahnya yang asam, gurih dan pedas segar mampu membangkitkan selera makan. Isian sayur didalamnya juga cukup bervariatif. Mulai dari jagung, kacang panjang, daun melinjo, labu, nangka, dan juga kacang tanah.

2. Kupat tahu:Jika dilihat, kupat tahu cukup mirip dengan ketoprak. Kondimen yang disajikan terdiri dari tauge, kupat atau lontong, juga tahu sebagai protein nabati. Semua itu disantap bersama kaus kacang kental dan kecap yang bikin tambah lezat.

3. Ketoprak: Terdiri dari bihun dan juga tauge yang disiram saus kacang, ketoprak juga dilengkapi asupan protein yang berasal dari tahu goreng. Rasa gurih saus kacang sangat serasi dipadukan bihun , tahu, dan juga kesegaran dan kerenyahan tauge.

5. Karedok: Hidangan sehat yang terdiri dair macam-macam sayuran, yang dibiarkan mentah tanpa dimasak terlebih dahulu. Potongan kacang panjang, kemangi, tauge, kol, mentimun, dan leunca disiram bersama saus kacang beraroma khas kencur.

6. Gado-gado: Gado-gado menempati urutan berikutnya dalam daftar makanan vegetarian khas Indonesia. Mulai dari karbohidrat, sayuran, hingga protein nabati dapat ditemukan dalam satu porsi gado-gado. Saus kacang gurih manis menyelimuti setiap bahan rebusan seperti jagung, kacang panjang, kangkung, kentang, dan juga labu. Tempe dan tahu pun tak luput menghiasi seporsi gado-gado. Jika ingin lebih kenyang, gado-gado bisa ditambahkan pula dengan irisan lontong atau ketupat.

7. Plecing kangkung: Hidangan yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ini juga termasuk dalam makanan vegetarian asli Indonesia. Pecinta pedas dijamin akan ketagihan jika mencicipi makanan vegetarian khas Indonesia yang satu ini, segarnya kangkung rebus berpadu sensasi pedas dari sambal dengan aroma rempah.

8. Sayur lodeh: Gurihnya kuah santan, dinikmati bersama aneka sayuran seperti labu siam, kacang panjang, nangka, daun melinjo, dan lain-lain. Terkadang ada pula, yang mencampurkan potongan tempe ke dalam sayur lodeh sehingga menambah lengkap asupan protein.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut