get app
inews
Aa Read Next : Harga BBM Jelang Idul Fitri Masih Terpantau Stabil, Berikut Rinciannya!

Harga BBM Indonesia Lebih Murah

Rabu, 17 Agustus 2022 | 20:41 WIB
header img
Bahan Bakar Minyak (BBM). (Foto: ist)

Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia tergolong jauh lebih murah dibandingkan negara lain ASEAN. Negara yang termasuk seperti, Vietnam, Filipina dan Thailand. 

Airlangga Hartato, menteri Koordinator Bidang Perekonomian, tidak merinci harga BBM jenis apa yang ia bandingankan. 

"Di negara lain misal Thailand, di Rp19.500 (per liter), Vietnam Rp16.645 per liter. Filipina Rp21.352 (per liter). Sehingga kita relatif masih di bawah negara ASEAN lain," kata Airlangga dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2023, Selasa (16/8/2022). Tuturnya

Dia menuturkan bahwa pemerintah telah menggelontorkan APBN dalam jumlah tidak sedikit untuk subsidi BBM, yakni lebih dari Rp502 triliun.

Tujuannya, kata dia, agar harga sejumlah jenis BBM seperti Pertalite dan Pertamax masih di bawah harga keekonomian dan ramah kantong konsumen. Hal ini menjadi salah satu cara untuk menahan kenaikan angka inflasi

"Kita lihat harga keekonomian Pertamax Rp15.150 per liter. Namun kita masih memberikan harga eceran Rp12.500 per liter. Demikian juga Pertalite, harga keekonomiannya Rp13.150 per liter, ecerannya masih Rp7.650 per liter," Tuturnya.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut