get app
inews
Aa Read Next : Pengedar Uang Palsu Diringkus Polres Karawang, Terancam 15 Tahun Penjara

Sehari 1.200 Ton, DLH Karawang Cuma Mampu Angkut 571 Ton Sampah

Selasa, 09 Agustus 2022 | 16:51 WIB
header img
Alat berat mengatur tumpukan sampah di TPAS Jalupang Desa Wancimekar Kecamatan Kota Baru Kabupaten Karawang. (Foto: iNews Karawang/Muhtar Galuh Ardian)

KARAWANG, iNews.id - Dalam sehari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karawang mencatat volume sampah mencapai 1.200 ton. Dari jumlah itu, hanya 571 ton yang berhasil diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS). Hal itu dikarenakan keterbatasan armada truk pengangkut sampah

"Armada dalam sehari hanya mengangkut 571 ton atau 47,6 persen dari total keseluruhan volume sampah, ke TPAS," kata Kepala Bidang Kebersihan DLH Karawang, Guruh Sapta, Selasa (9/8).

Jumlah volume sampah itu dihitung dari jumlah penduduk Karawang sebanyak 2,4 juta penduduk di kali 0,5 setiap orang memproduksi sampah.

Tingginya volume sampah tidak berbanding lurus dengan jumlah armada yang dimiliki oleh DLH.

"Kami hanya memiliki 54 armada. Padahal idealnya, kebutuhan untuk mengangkut sampah sebanyak 100 unit," ucapnya.

Kemudian ia juga menyebutkan, pada setiap harinya, armada sampah yang dimiliki oleh DLH dapat mengangkut sampah hingga 10 ton.

"Perarmada bisa sekira 10 ton lebih dalam sehari," timpalnya.

Sementara untuk sampah-sampah yang tidak terangkut ke TPA, itu dilakukan berbagai cara. Mulai dari bekerjasama dengan swasta untuk pengakutan sampah di lingkungan permukiman warga hingga pengoptimalan bank sampah, Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS3R), dan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST).

Editor : Faizol Yuhri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut