get app
inews
Aa Read Next : Breaking News!Timnas Indonesia Turunkan Line Up Terbaik Hadapi Australia di 16 Besar Piala Asia 2023

Elkan Baggott Ungkap Alasanya Pilih Timnas Indonesia Ketimbang Thailand di Hadapan Media Inggris

Sabtu, 30 Juli 2022 | 21:36 WIB
header img
Elkan Baggott pilih Timnas Indonesia ketimbang Timnas Thailand. (Foto: Instagram/@elkanbaggott)

Bek Timnas Indonesia yang mentas di kasta keeempat Liga Inggris, Gillingham, Elkan Baggott diwawancara eksklusif dari media asal Inggris, livescore.com.

Elkan Baggott ditanya kenapa lebih memilih membela Timnas Indonesia ketimbang Thailand dalam salah satu wawancara tersebut.

Pemain 19 tahun kelahiran Bangkok, Thailand pada 23 Oktober 2002  itu memiliki ayah dari Inggris dan Ibu berasal dari Indonesia.

Meski lahir di Thailand, Elkan Baggot tidak pernah tinggal di negara tersebut. Ia merintis karier bersama akademi Ipswich Town sejak 2017. Karena itu, Elkan Baggott lebih memilih membela negara Ibunya (Indonesia) dibandingkan tempat kelahirannya.

Elkan Baggot pun mengungkapkan alasan di balik memilih bermain untuk Timnas Indonesia. Ia mengaku sejak berada di akademi Ipswich Town selalu bercita-cita berseragam Merah Putih.

"Saya ingat ketika saya memulai di akademi di Ipswich, cita-cita saya selalu bermain untuk Indonesia dan mewakili pihak keluarga ibu saya," kata Elkan Baggot dikutip dari Live Score, Sabtu (30/7/2022).

Ia mengaku dulu sempat mengirim pesan kepada PSSI ketertarikan dirinya membela Timnas Indonesia. Namun, tidak ada jawaban dari Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI). Pada akhirnya, salah satu temannya mengenalkannya kepada seorang agen untuk membuka jalan membela Timnas Indonesia.

"Kami mengirim email ke federasi yang tidak pernah dijawab! Tetapi, salah satu teman saya yang seumuran dengan saya dan bermain untuk Lincoln pada saat itu mengenal seorang agen di luar sana. Dialah yang membuat saya berhubungan dengan tim nasional," ucapnya.

Elkan Baggot pun menjelaskan mendapatkan kesempatan menjalani debut bersama Timnas Indonesia U-19 pada 11 Oktober 2020. Setelah itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun memberikan kesempatan kepada Elkan Baggott untuk promosi ke tim senior lebih cepat.

Ia menjalani debut bersama tim senior di FIFA Matchday November 2021 kontra Afghanistan. Saat itu, Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Afghanistan.

"Saya memainkan pertandingan pertama saya dengan U-19 dan kemudian untungnya pelatih senior, yang sangat akrab dengan saya, mempromosikan saya ke tim utama dengan cukup cepat," tegas Elkan Baggott.

Sekarang Elkan Baggott berjuang menembus tim utama Gillingham. Jika tampil apik bersama Gillingham, hanya masalah waktu bagi Elkan Baggott mentas bersama klub yang lebih besar.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut