get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Negara Umumkan 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa 12 Maret

5 Negara Anggota FIFA yang Sukses Pindah Konfederasi Sepakbola

Jum'at, 22 Juli 2022 | 11:17 WIB
header img
Berikut 5 negara anggota FIFA yang sukses pindah konfederasi sepakbola. (Foto: Instagram/@PSSI)

3. Israel (AFC-UEFA)

Israel merupakan anggota AFC sejak 1954. Israel bahkan tercatat sebagai kampiun Piala Asia 1964. Saat itu menggunakan sistem round robin, Israel mengungguli India, Korea Selatan dan Hong Kong. Hebatnya di dua penyelenggaraan awal, Israel berstatus runner-up, tepatnya di Piala Asia 1956 dan 1960.

Namun, karena perbedaan pandangan politik terutama dengan negara-negara Arab, Israel memutuskan meninggalkan AFC pada 1974. Selang 18 tahun atau pada 1992, Israel memilih hengkang ke UEFA dan bertahan hingga sekarang.

4. Taiwan (AFC-OFC-AFC)

Taiwan awalnya merupakan bagian dari Federasi Sepakbola China (CFA). Namun, ketika FIFA mengakui CFA sebagai wakil Negeri Tirai Bambu pada 1974, Taiwan ngambek dan pindah ke zona Oseania (OFC) pada 1975.

Namun, OFC membekukan status Taiwan pada 1978 karena nama federasi mereka sama persis dengan China, yakni CFA. Karena itu, Taiwan menggunakan nama CTFA dan kembali aktif sebagai anggota OFC pada 1982. Namun, sejak 1989 Taiwan memilih pulang ke AFC dan bertahan hingga sekarang.

5. Kazakhstan (AFC ke UEFA)

Kontingen Kazakhstan mentas di Asian Games, tapi cabang olahraga sepakbola mereka ikut serta di Eropa (UEFA). Usut punya usut, Kazakhstan awalnya merupakan anggota AFC sejak 1994-2000. Pecahan Uni Soviet ini memilih AFC karena 90 persen wilayah mereka memang berada di Asia.

Namun, pada 2000 Kazakhstan memiliki gabung UEFA. Alasannya UEFA jauh lebih kompetitif ketimbang AFC. Tim yang satu ini sedang panas-panasnya. Dalam empat laga UEFA Nations League 2022-2023 yang digelar Juni 2022, Kazakhstan tak terkalahkan dengan koleksi tiga menang dan satu imbang.

Bahkan dua kemenangan di antaranya dicetak Kazakhstan atas tim yang menempati peringkat 50 dunia, Slovakia! Berkat kemenangan itu, Kazakhstan naik 11 posisi di ranking FIFA terbaru.

Editor : Boby

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut