get app
inews
Aa Read Next : Sejumlah Negara Umumkan 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa 12 Maret

5 Negara Anggota FIFA yang Sukses Pindah Konfederasi Sepakbola

Jum'at, 22 Juli 2022 | 11:17 WIB
header img
Berikut 5 negara anggota FIFA yang sukses pindah konfederasi sepakbola. (Foto: Instagram/@PSSI)

Timnas Indonesia dalam hal ini PSSI kencang dikabarkan juga akan pindah haluan. Bedanya, PSSI berencana pindah ke lingkup yang lebih kecil, yakni federasi.

Sebagaimana diketahui PSSI berencana pindah dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) ke Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF).

Banyak yang meragukan keinginan PSSI di atas. Sebab, perpindahan federasi harus melewati proses yang rumit. 

Namun, jika PSSI ingin pindah federasi, mereka harus mencontoh negara-negara di bawah ini. Sebab, mereka berhasil pindah meski ke lingkup yang lebih luas, yakni konfederasi. Lantas, siapa saja negara yang dimaksud?

Berikut 5 negara anggota FIFA yang sukses pindah konfederasi:

1. Australia (OFC-AFC-OFC-AFC)

Australia pertama kali meninggalkan OFC pada 1972. Alasan Australia pindah karena tak mendapatkan lawan sepadan di zona tersebut. Kemudian pada 1974 setelah memastikan lolos ke Piala Dunia lewat jalur Asia, Australia kembali ke OFC.

Setelah 32 tahun berada di OFC, Australia resmi balik ke AFC pada 2006. Alasan Australia pindah ke AFC karena zona Asia jauh lebih kompetitif ketimbang Oseania.

Selain itu, Asia juga menyediakan empat tiket lolos otomatis ke Piala Dunia, sedangkan Oseania hanya 0,5 (harus melewati babak playoff). Terbukti semenjak pindah ke AFC, Australia selalu lolos ke Piala Dunia (2010, 2014, 2018 dan 2022).

2. Selandia Baru (AFC-OFC)

Selandia Baru gabung AFC pada 1964, atau ketika OFC belum terbentuk. Ketika OFC terbentuk pada 1966, Selandia Baru pindah ke sana dan bertahan hingga sekarang.

Seiring keluarnya Australia dari OFC pada 2006, Selandia Baru bisa dibilang rajanya zona Oseania. Namun, Selandia Baru disebut-sebut siap mengikuti jejak Australia dengan meninggalkan OFC. Sebab, di zona Oseania tak ada tiket lolos otomatis ke Piala Dunia. Juara Kualifikasi Piala Dunia zona Oseania harus menghadapi tim dari konfederasi lain untuk memperebutkan satu tiket lolos.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut