get app
inews
Aa Read Next : Ingin Awet Muda? Yuk Simak 5 Makanan Ini Bantu Perlambat Penuaan

Berikut Deretan Makanan yang Sebaiknya Tidak di Panggang! Salah Satunya Kerang

Kamis, 30 Juni 2022 | 20:25 WIB
header img
Udang kupas (Foto: Freepik)

Pada metode masak ada beberapa macam, yakni merebus, mengukus, menggoreng, menumis, memanggang dan masih banyak lagi. Salah satu metode masak yang disukai banyak orang adalah memanggang. Hal ini lantaran memanggang makanan dapat menghasilkan rasa lezat bahkan dianggap lebih sehat dibandingkan menggoreng.

Well, dari kacamata chef profesional, penulis buku memasak, hingga ahli memanggang, ternyata ada loh beberapa makanan yang disebutkan tidak direkomendasikan untuk dipanggang. Mewarta Huffingtonpost, Rabu (22/6/2022) ini dia paparan singkat lima jenis makanan yang tidak direkomendasikan untuk dipanggang.

1. Ikan bersisik: Joonas Jokiniemi, koki profesional menyebutkan “ikan kering dan bersisik tidak baik untuk dipanggang. Sebab, ikan jenis ini sangat halus dan mudah menempel pada panggangan dan berantakan. Selain itu, ikan seperti ini juga gampang menjadi kering dan hambar saat dipanggang.

2. Brisket: Brisket yang padat paling baik jika direbus atau dimasak dengan metode slow cooked. Brisket atau sandung lamur cenderung memiliki tekstur yang keras ketika tidak diberi waktu untuk memecah jaringan ikatnya dan melepaskan jusnya, itulah sebabnya ia paling baik dimasak dengan cara slow cook, bukan dipanggang.

3. Udang kupas: Udang bakar memang lezat, dengan cita rasa smokey dan manis bersamaan. Namun, kunci udang bakar berkualitas tinggi adalah dengan menjaga kulitnya. Maka dari itu, Chef Mareya Ibrahim menyebut udang kupas tidak terlalu enak ketika dimasak dengan cara dipanggang. Sebab. cenderung terlalu mudah mengering dan gampang terlalu matang.

4. Kerang: Seafood satu ini disebut Chef Nathan Voorheesb punya level kesulitan tinggi jika dimasak dengan cara dipanggang. Ia pribadi tidak merekomendasikan kerang atau scallop untuk dipanggang. Pasalnya, kerang adalah protein tanpa lemak dan bisa matang dengan cepat, cenderung mengering di atas panggangan.

5. Tahu: Tidak semua protein vegan cocok untuk dipanggang, misalnya tahu. Tahu ketika dipanggang akan jadi berantakan dan rasanya tidak enak, kata Chef Josh Healy. Sebaliknya, ia lebih suka tahu itu digoreng untuk hasil yang renyah dan dimakan dengan cara dicocol saus.

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut