Hindari Cabut Uban! Begini Cara Mengatasinya

Tim Okezone
.
Minggu, 26 Juni 2022 | 10:42 WIB
Rambut mulai beruban (Foto: Harpers bazaar)

Saat usia semakin bertambah, rambut mulai memutih secara perlahan dan hal ini biasanya disebut sebagai uban. Seringkali kita ingin mencabut uban lantaran tidak nyaman dengan keberadaan rambut putih yang membuat kita merasa tua.

Tapi apakah mencabut uban akan merusak kulit kepala Anda atau lebih buruk lagi?

Rambut berubah menjadi putih akibat folikel rambut mengalami penurunan sel penghasil melanin yang memberi pigmen pada rambut dan kulit. Ini sebenarnya kondisi normal seiring bertambahnya usia Anda, menurut meskipun usia pasti Anda melihat garis-garis Rohit Kakar, MD, FAAD, pemilik dan direktur Orchard Lake Dermatology & Cosmetics di Orchard Lake, Michigan seperti dikutip dari Livestrong, Minggu

Tetapi, tetap saja, Anda mungkin tidak senang dengan hal itu lalu mencabuti uban. Dampaknya, uban akan tumbuh kembali.

​Mencabut uban akan menghilangkannya sementara. Namun seperti halnya helaian rambut yang rontok secara alami, pada akhirnya rambut akan tumbuh kembali. Ketika itu terjadi, warnanya akan sama dengan yang Anda tarik. Bahkan jika Anda makan banyak buah dan sayuran.

"Begitu folikel rambut tertentu kehilangan sel penghasil pigmen, folikel rambut itu hanya akan meregenerasi uban," jelas pakar dermatologi di Oak Dermatology Chicago, Jeffrey Hsu, MD, FAAD.

Follow Berita iNews Karawang di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini