get app
inews
Aa Read Next : 5 Tips Nonton Konser Musik Biar Seru dan Nyaman, Anti Bosan!

Yuk Ketahui Perbedaan Epidemi, Pandemi dan Endemi

Kamis, 16 Juni 2022 | 16:28 WIB
header img
Masih pandemi Covid-19 (Foto: Istockphoto)

Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan epidemi, pandemi dan endemi. Pada suatu wabah (Covid-19) terdapat tiga status perubahan, yakni epidemi, pandemi dan endemi. Namun, sebagian orang ternyata belum mengetahui makna dari tiga status perubahan ini.

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan, SpP(K) memberikan penjelasan dengan contoh kasus wabah Covid-19. 

Pertama waktu awal kemunculan virus Covid-19 di Cina, status masih dikatakan keadaan luar biasa (KLB) dan berganti menjadi epidemi. 

Hal tersebut disebabkan jumlah kasus yang muncul terus bertambah hingga ribuan. "Jadi epidemi itu pada saat tahun 2020 tahun 2020 kejadian peningkatan kasus di Cina karena sebelumnya Desember 2019 itu masih KLB baru ada 26 kasus tanggal 24 Desember. Tapi begitu Januari meningkat jadi ratusan ribu, itu disebut epidemi," ujar dr Erlina Burhan. 

Kedua, ialah pandemi, dikatakan dr Erlina situasi itu menggambarkan virus sudah menyebar ke berbagai negara bahkan benua. Sehingga jumlah kasusnya melonjak hingga jutaan. Putusan tersebut diklaim oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) kala itu, sebab Covid-19 sudah merebak. 

Editor : Boby

Follow Berita iNews Karawang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut