Saat pandemi Covid-19 berlangsung banyaknya jumlah karyawan yang bekerja dari rumah. Kepala Biro Hukum, Humas dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN), Satya Pratama, kebijakan sistem kerja PNS di mana saja atau Work From Anywhere (WFA) bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi birokrasi pemerintahan.
Tidak heran, bahkan ketika pandemi sudah mulai beralih ke endemi pun masih banyak berbagai instansi yang mengizinkan karyawannya bekerja dari rumah, termasuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS).
Nah, jika Anda termasuk yang bekerja di rumah, Anda pasti membutuhkan ruangan yang nyaman supaya memudahkan Anda dalam bekerja. Tetapi pada kenyataannya hampir kebanyakan orang tidak memiliki ruangan khusus di rumah untuk bekerja.
Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir, Anda juga bisa memanfaat ruang kosong menjadi ruang kerja yang nyaman dengan menyimak 3 tips ini.
Coba Atur Ulang Tata Letak Ruangan Anda
Walaupun mengatur ulang tata letak ruangan membuat Anda perlu menghabiskan waktu lebih lama. Namun dengan mengatur tata letak ruangan dapat membuat suasana yang baru pada ruangan kerja Anda dirumah.
Tentu sebelum melakukan eksekusi untuk dekor di ruangan kerja, Anda bisa mencoba untuk melakukan sketsa ruang kerja impian Anda. Setelah sketsa ruangan kerja sudah jadi, maka Anda bisa mencoba mengatur tata letak rumah Anda saat sedang free.
Pilihlah Furniture yang Nyaman
Furniture yang nyaman dapat meningkatkan kualitas kerja Anda. Meja dan kursi menjadi salah satu furniture yang paling sering digunakan saat bekerja di rumah. Karena jam kerja yang panjang yaitu berkisar 8-10 jam, tentu Anda membutuhkan meja dan kursi yang nyaman untuk digunakan.
Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sofa yang membantu Anda beristirahat sejenak. Penggunaan sofa di ruang kerja dapat digunakan untuk istirahat sejenak dan meluruskan pinggang.
Gunakan Penyejuk Ruangan
Hampir semua kantor memiliki penyejuk ruangan di tiap ruangan nya. Hal tersebut dapat membuat nyaman karyawan untuk bekerja seharian. Ruangan yang panas dan lembab dapat mengganggu konsentrasi Anda saat bekerja.
Terutama di ruangan yang kurang ada sirkulasi udara yang masuk, membuat Anda harus menambahkan air conditioner ataupun kipas angin yang membantu menyejukan ruangan supaya Anda nyaman untuk bekerja.
Editor : Frizky Wibisono
Artikel Terkait