Ternyata Cuci Tangan yang Benar Dapat Membuat Anak Cerdas Loh! Yuk Kita Simak

Muhammad Sukardi
Ajarkan PHBS ke anak salah satunya cuci tangan pakai sabun (Foto: Sheknows)

Anak yang mencintai kebersihan dan memiliki tubuh yang sehat merupakan harapan bagi semua orang tua. Namun, hal ini tidak mungkin datang secara tiba-tiba, melainkan harus ada peran orang tua yang mengajarkan pada sang anak akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kebiasaan PHBS pada anak salah satunya yaitu mengajari tata cara cuci tangan yang baik dan benar. Manfaat cuci tangan bukan hanyalah memastikan tangan sang anak bersih dan mencegah dia terpapar penyakit karena tangan kotor, cuci tangan juga ternyata bikin anak cerdas.

Ya, diterangkan Dokter Spesialis Anak dr Mesty Ariotedjo, Sp.A, anak yang sejak kecil diajarkan cuci tangan ternyata perkembangan dirinya terasah dan ini yang membuatnya lebih cerdas daripada anak yang tidak diajarkan cuci tangan.

"Studi menunjukkan bahwa anak yang diajarkan cuci tangan sebelum usia 9 bulan memiliki kecerdasan yang lebih baik pada segala aspek dibandingkan anak yang tidak diajarkan cuci tangan," terang dr Mesty di Webinar Biodef 'Persiapan Keluarga untuk Transisi Masa Pandemi ke Endemi', Selasa (12/4/2022).

Peneliti juga menemukan bahwa anak yang sebelum usia 9 bulan sudah diajarkan cuci tangan kejadian diarenya lebih rendah 50 persen dibandingkan anak yang tidak diajarkan cuci tangan dalam usia 2,5 tahun pertama kehidupan.

Editor : Boby

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network