Lakukan dan Hindari Hal Ini Saat Sahur dan Berbuka Agar Terhindar dari Sakit Tenggorokan

Pradita Ananda , Okezone
Sakit tenggorokan (Foto: Tiemsofindia)

Berpuasa di bulan Ramadhan hukumnya wajib bagi umat muslim, menahan lapar dan haus kurang lebih 13 jam dalam sehari. Bukan hanyalah kesehatan dan kebersihan mulut saja yang harus dijaga, tetapi kesehatan tenggorokan juga perlu dijaga. Sebab, berpuasa dalam keadaan tenggorokan yang sakit dan kering sangatlah tidak nyaman.

Puasa akan terasa nyaman dan dijalani dengan baik jika tidak terganggu dengan tenggorokan yang kering apalagi terasa sakit. Terdapat beberapa hal yang boleh dan tidak dilakukan saat sahur dan berbuka puasa.


Seperti dijelaskan, Dr. Selfiyanti Said Mkes.,SpTHTKL saat dihubungi belum lama ini, berikut paparan yang harus dilakukan dan harus dihindari saat sahur dan berbuka puasa agar terhindar dari sakit tenggorokan selama berpuasa, Jumat (1/4/2022).

Lakukan:

1. Konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serta air yang bisa meningkatkan produksi air liur. Konsumsi sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, wortel, dan seledri yang bisa dimasukkan ke dalam menu sahur dan berbuka puasa. Selain sayur, disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, seperti apel, jeruk, melon, semangka, dan nanas.
2. Jaga kebersihan mulut dengan rutin sikat gigi tiga kali sehari. Setelah berbuka puasa, sebelum tidur dan setelah santap sahur.
3. Minum air mineral yang cukup, jangan sampai kurang cairan.

Hindari:

1. Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung garam tinggi saat berbuka dan sahur.
2. Kurangi makanan yang berefek menyebabkan panas tenggorokan. Contohnya makanan pedas dan tinggi lemak.
3. Jangan minum air teh, kopi, dan soda. Teh, kopi dan air soda mengandung kafein, kafein inilah yang bisa menghilangkan kadar air dalam tubuh. Makin sedikit kadar air di tubuh kita akan semakin cepat haus, makin terasa kering pula tenggorokan.
4. Hindari heavy dinner, menu makanan buka puasa yang disantap malam hari (sebagai makan malam) dengan porsi banyak dan besar.  

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network