Telur dan Ayam Penentu Nomor Urut Saat Prosesi Pengundian Pasangan Calon Bupati di KPU Karawang

Frizky Wibisono
Telur dan Ayam Penentu Nomor Urut Saat Prosesi Pengundian Pasangan Calon Bupati di KPU Karawang (Foto : iNewskarawang.id/Frizky Wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karawang melakukan pengundian nomor urut pasangan calon bupati Karawang pada Senin, (23/9/2024) malam. Dalam momen itu, KPU Karawang menggunakan telur dan ayam buatan sebagai objek pengundian nomor urut.

Dua pasangan calon bupati Karawang, Aep-Maslani dan Acep-Gina diminta KPU untuk memilih telur dan ayam yang sudah disediakan untuk mendapatkan nomor urut masing-masing pasangan calon.

"Hari ini kita akan mengundi nomor urut dengan telur dan ayam, kalo biasanya kita bingung mana yang duluan antara telur dan ayam, sekarang kami jawab telur dulu baru ayam. Terjawablah sudah kebingungan teman-teman soal telur dan ayam yah,"ujar Mari yang menggunakan pengeras suara sehingga terdengar oleh seluruh tamu yang hadir.

Prosesi itu diawali dengan pengambilan telur oleh calon wakil bupati dari kedua kubu yaitu Maslani dan Gina Fadlia Swara. Kemudian telur itu harus dipecahkan oleh masing-masing calon wakil bupati untuk mengetahui angka didalam telur. Keduanya berlomba mendapatkan nomor terkecil untuk menentukan pasangan mana yang terlebih dahulu memilih ayam.

Maslani yang pertama memecahkan telur mendapat nomor 1, sementara Gina Fadlia Swara mendapatkan nomor 12, sehingga pasangan Aep-Maslani terlebih dahulu dipersilahkan memilih ayam yang disediakan sementara pasangan Acep-Gina setelahnya.

Tibalah saatnya calon bupati Aep Syaepuloh dan Acep Jamhuri memilih ayam, prosesi ini yang paling penting karena langsung menentukan nomor urut yang akan digunakan oleh masing-masing pasangan calon.

Aep dan Acep yang sudah memilih ayam, kemudian diminta untuk menutup ayam tersebut dengan kain, kemudian diminta untuk menggeprek ayam tersebut.

"Nah sekarang masing-masing calon bupati udah punya ayam, kalo tadi calon wakil bupati memecahkan telur, sekarang ayam nya harus digeprek, jadinya geprek ayam,"ujar ketua KPU Karawang, Mari Fitriana diiringi tawa seraya memecah ketegangan semua yang menghadiri prosesi itu.

Setelah menggeprek ayam, muncullah nomor urut kedua pasangan calon pada masing-masing ayam yang dipilih calon bupati.

Pasangan Acep-Gina mendapatkan nomor urut 1, sementara pasangan Aep-Maslani mendapatkan nomor urut 2. Kemunculan nomor itu disambut riak-riak sorakan dua kubu pendukung yang memadati kantor KPU Karawang.

"Saatuuuuuuu, duaaaaa, satuuu, duaaaaa, huuuuuuuuuu, lanjutkeun, hijikeun"begitulah teriakan dari para pendukung kedua pasangan calon yang saling bersahutan.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network