KPU Jawa Barat Ingatkan Pantarlih di Karawang Harus Lakukan Pemutakhiran data Secara Langsung

Iqbal Maulana Bahtiar
KPU Jawa Barat Ingatkan Pantarlih di Karawang Harus Lakukan Pemutakhiran data Secara Langsung (Foto : iNewskarawang.id/Iqbal Maulana Bahtiar)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Hadir dalam pelantikan dan bimbingan teknis Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Karawang, Anggota KPU Provinsi Jawa Barat, Hari Nazarudin ingatkan Pantarlih datang ke rumah-rumah warga saat melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) dokumen administrasi kependudukan.

Dikatakan, pantarlih merupakan ujung tombak KPU dalam mewujudkan data pemilih yang akurat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024. 

Oleh sebab itu, diperlukan petugas yang memiliki komitmen untuk melakukan pemutakhiran data secara langsung dengan mendatangi warga.

"Pantarlih merupakan ujung tombak KPU, dalam melaksanakan coklit nanti harus datang ke rumah-rumah warga untuk mencocokan data dokumen kependudukan, dan pastikan warga tersebut memang ada di wilyahnya. Jangan sampai melaksanakan coklit di atas meja saja, tidak turun ke lapangan," Kata Hari saat memberikan arahan pada pelaksanaan Pelantikan dan Bimtek Pantarlih di Desa Warungbambu, Kecamatan Karawang Timur, Senin (24/6/2024).

Lanjutnya, Hari juga menyebut jika ada beberapa perbedaan dengan kegiatan coklit pada Pemilu 2024 lalu, di antaranya masa kerja pantarlih yang lebih singkat hanya satu bulan dan jumlah pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang jauh lebih banyak.

"Dengan masa kerja yang lebih singkat dan jumlah pemilih lebih banyak, dalam satu TPS akan bekerja dua orang pantarlih untuk jumlah pemilih yang lebih dari 400. Dalam melaksanakan tugas, pantarlih juga dibekali atribut, tanda pengenal, dan alat kelengkapan lainnya," Jelasnya.

Kemudian, Ia juga menyampaikan bahwa pantarlih juga diharapkan dapat ikut mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024. 

"Harapannya, dengan sosialisasi disetiap tahapnya ini masyarakat dapat mengetahui dan merasakan kegembiraan pesta demokrasi Pilkada 2024," Tandasnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network