Mantan Gubernur Jabar Ridwan Kamil Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari University of Glasgow

Riana Rizkia/ Boby
Ridwan Kamil dapat gelar Doktor HC dari University of Glasgow.

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendapat gelar doktor honoris causa dari University of Glasgow, Skotlandia.

Pemberian gelar doktor tersebut atas kepemimpinan dan inovasi pembangunan yang dimotori oleh Ridwan Kamil (RK), termasuk ketika menjabat sebagai wali kota Bandung dan gubernur Jawa Barat.

University of Glasgow menyebut pria yang akrab dipanggil Kang Emil itu sebagai sosok multitalenta. Diketahui melalui pernyataan yang disampaikan dalam sidang senat pemberian gelar doktor honoris causa kepada RK.

Mereka menyebut RK sebagai arsitek yang visioner, pemimpin yang penyayang dan penuh belas kasih, serta pribadi yang tidak pernah lelah berjuang demi kemajuan masyarakat.

"Perjalanannya dimulai di Kota Bandung," ungkap Senior Vice Principal and Deputy Vice Chancellor University of Glasgow Professor Frank Coton melalui keterangan yang diterima MNC Portal Indonesia, Rabu (12/6/2024).

Diketahui, setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB), RK memulai perjalanan sebagai arsitek dengan magang di salah satu firma arsitektur terkemuka di Amerika Serikat.

Suami Atalia Praratya itu kemudian melanjutkan studi di University of California dan mendapat gelar master of urban design. Dalam pernyataan yang sama, University of Glasgow menyinggung pengalaman RK sebagai arsitek di Hong Kong dan awal mula Urbane Indonesia berdiri.

Urbane Indonesia merupakan firma arsitektur yang didirikan RK bersama rekannya dan berbasis di Bandung. Menurut University of Glasgow, jangkauan firma arsitektur tersebut sangat luas dan mengesankan.

Bersama Urbane Indonesia, RK mengerjakan sejumlah proyek besar. Baik di dalam maupun luar negeri. Termasuk diantaranya master plan Marina Bay Singapore yang menjadi salah satu portofolio global RK bersama Urbane Indonesia.

Kesadaran tinggi akan kondisi sosial masyarakat di Indonesia, membuat RK tidak ragu-ragu mengulurkan tangan dan memberikan bantuan dengan kemampuan yang dia miliki.

"Dia semakin dikenal sebagai ’Arsitek Rakyat’ atas proyek sosial probono yang menciptakan ruang-ruang publik di kawasan pemukiman padat penduduk di seluruh Indonesia," kata Frank Coton.

"Komitmen anda terhadap pendidikan, berkelanjutan, dan keadilan sosial benar-benar menginspirasi," sambung Frank Coton.

Melalui akun Instagram-nya, RK sempat mengunggah momen sebelum dan setelah menerima gelar doktor honoris causa dari University of Glasgow. Dalam unggahan tersebut, dia menyampaikan bahwa pencapaiannya tidak pernah lepas dari peran ibunya.

"Terima kasih Maci, ibunda tercinta, atas segalanya yang tidak mungkin bisa dibalas anakmu ini dengan setara. Semoga Allah selalu memuliakan hidupmu. Aamiin," ungkap RK.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network