Khasiat Ayat Seribu Dinar dan Cara Mengamalkannya, Tulisan Arab, Latin, Artinya

Kastolani Marzuki/Boby
Khasiat Ayat Seribu Dinar dan cara mengamalkannya agar diberi jalan keluar dari kesulitan serta rezeki yang tidak disangka-sangka. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsKarawang.id-Khasiat Ayat Seribu Dinar dan cara mengamalkannya mungkin banyak yang belum mengetahui. Ayat seribu dinar merupakan dua ayat di awal Surat Ath Thalaq ayat 2-3.

Dinamakan ayat Seribu Dinar karena khasiatnya diyakini  akan mendapatkan jalan keluar dan rezeki yang tidak disangka-sangka ketika ditimpa masalah. Namun, dengan syarat memiliki ketakwaan yang tinggi.

Tulisan Ayat Seribu Dinar

Arab: وَمَنْ يَّتَّقِ اللّٰهَ يَجْعَلْ لَّهٗ مَخْرَجًا ۙ
وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Latin: wa may yattaqillāha yaj‘al lahū makhrajā(n). Wa yarzuqhu min ḥaiṡu lā yaḥtasib(u), wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh(ū), innallāha bāligu amrih(ī), qad ja‘alallāhu likulli syai'in qadrā(n).

Artinya :Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu. (QS. At Thalaq: 2-3).

Khasiat Ayat Seribu Dinar
Khasiat ayat Seribu Dinar di kalangan umat Islam bagi yang rutin membaca dan mengamalkannya ketika ditimpa musibah akan mendapatkan jalan keluar dan dimudahkan urusannya serta mendapat rezeki yang tidak disangka-sangka.
Dilansir dari Wardatun Nadhirah, “Kitab Sanjata Mu’min: Sebuah Bentuk Tafsir Awam di Tanah Banjar”, Suhuf Jurnal Pengkajian Al-Qur’an dan Budaya, Vol. 11, No. 1, 2018, 134-135 dijelaskan bahwa, khasiat Ayat Seribu Dinar yakni "Barangsiapa mengamalkan membacanya tiap-tiap selesai salat lima waktu niscaya Allah Swt murahkan rezekinya dan diberikan kemuliaan dunia dan akhirat".

Selain itu,  ayat seribu dinar diyakini sebagai benteng dari segala kejahatan, penolong saat kesusahan dan pemacu ingatan pada kebesaran Allah Swt.

Di dalam kitab Musnad Imam Ahmad disebutkan bahwa dari Abu Dzar mengatakan bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

"يَا أَبَا ذَرٍّ، لَوْ أَنَّ النَّاسَ كُلَّهُمْ أَخَذُوا بِهَا كَفَتْهُمْ". وَقَالَ: فَجَعَلَ يَتْلُوهَا ويُرددها عَلَيَّ حَتَّى نَعَست، "

Hai Abu Zar, seandainya semua manusia mengamalkan ayat ini yakni Surat At Thalaq ayat 2-3, niscaya mereka akan diberi kecukupan. Abu Zar melanjutkan, bahwa lalu Rasulullah Saw. membaca ayat ini berulang-ulang kepadanya hingga ia merasa mengantuk.

Ibnu Abu Hatim mengatakan ayat yang paling besar mengandung jalan keluar dalam Al-Qur'an yakni Surat Ath Thalaq ayat 2-3.

Dalam riwayat lain disebutkan dari Muhammad ibnu Ali ibnu Abdullah ibnu Abbas mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda:

"مَنْ أَكْثَرَ مِنْ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مَنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا، وَمَنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ">

Artinya: Barang siapa yang memperbanyak bacaan istigfar, maka Allah akan mengadakan baginya dari setiap kesusahan pemecahannya dan dari setiap kesempitan jalan keluar dan Allah memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.

Ar-Rabi' ibnu Khaisam telah mengatakan sehubungan dengan makna firman-Nya niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. (Ath-Thalaq: 2) Maksudnya, jalan keluar dari setiap perkara yang menyempitkannya, yakni menyusahkannya.

Cara Mengamalkan Ayat Seribu Dinar
1. Bertakwa Kepada Allah
Cara mengamalkan Ayat Seribu Dinar pertama hendaklah seseorang agar bertawakkal kepada Allah, maka dengan tawakkal itulah Allah akan mencukupkan segala keinginannya.

Ali ibnu Abu Talhah telah meriwayatkan dari Ibnu Abbas sehubungan dengan makna firman-Nya: Barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. (Ath-Thalaq: 2) Bahwa Allah akan menyelamatkannya dari setiap kesusahan di dunia dan akhirat. dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. (Ath-Thalaq: 3)

2. Tawakal

Cara mengamalkan Ayat Seribu Dinar selanjutnya yakni bertawakal kepada-Nya, karena Allah-lah yang mencukupkan keperluannya mensukseskan urusannya. Bertawakal kepada Allah artinya berserah diri kepada-Nya, menyerahkan sepenuhnya kepada-Nya keberhasilan usaha. 

Diriwayatkan oleh Abdullah Ibnu Mas'ud bahwa Rasulullah SAW telah bersabda:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ -هُوَ ابْنُ مَسْعُودٍ-قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: "مَنْ نَزَلَ بِهِ حَاجَةٌ فَأَنْزَلَهَا بِالنَّاسِ كَانَ قَمِنًا أَنْ لَا تُسَهَّل حَاجَتُهُ، وَمَنْ أَنْزَلَهَا بِاللَّهِ أَتَاهُ اللَّهُ بِرِزْقٍ عَاجِلٍ، أَوْ بِمَوْتٍ آجِلٍ".

Dari Abdullah ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. telah bersabda: Barang siapa yang mempunyai suatu keperluan, lalu ia menyerahkannya kepada manusia, maka dapat dipastikan bahwa keperluannya itu tidak dimudahkan baginya. Dan barang siapa yang menyerahkan keperluannya kepada Allah Swt., maka Allah akan mendatangkan kepadanya rezeki yang segera atau memberinya kematian yang ditangguhkan (usia yang diperpanjang).

3. Berdoa Setelah Sholat Wajib

Cara mengamalkan Ayat Seribu Dinar berikutnya yakni rutin membaca ayat tersebut selepas sholat wajib terutama setelah maghrib dan subuh. 

 وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ 

Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa"alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib." (HR. Tirmidzi) [No. 3499 Maktabatu Al Ma"arif Riyadh] Hasan.

4. Baca Ayat Seribu Dinar setelah Sholat tahajud

Cara mengamalkan Ayat Seribu Dinar selanjutnya yakni di sepertiga atau pertengahan malam. Di kala banyak orang terlelap, lalu bangun dan mendirikan sholat malam atau tahajud dan berdoa maka insyaallah akan diijabah termasuk membaca Ayat Seribu Dinar agar dibukakan pintu rezeki, sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut:

  عَنْ أَبِي أُمَامَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ الْآخِرِ وَدُبُرَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ 

Dari Abu Umamah ia berkata; Rasulullah shallallahu wa"alaihi wa sallam ditanya; wahai Rasulullah, doa apakah yang paling di dengar? Beliau berkata: "Doa di tengah malam terakhir, serta setelah shalat-shalat wajib." (HR. Tirmidzi) [No. 3499 Maktabatu Al Ma"arif Riyadh] Hasan.

Itulah ulasan Khasiat Ayat Seribu Dinar dan Cara mengamalkannya lengkap dengan tulisan Arab, latin, beserta artinya yang bisa diamalkan agar mendapat jalan keluar dari masalah dan rezeki yang tidak disangka-sangka.

Wallahu A'lam

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network