AI dalam Pendidikan : Keren, Robot Mampu Deteksi Cuaca dan Buang Sampah

Rio Adryawan/Boby

JAKARTA – iNewsKarawang.id
Kini Artificial Intelligence (AI) semakin dibutuhkan di berbagai bidang baik untuk bisnis, pendidikan, dan kesehatan.

Seperti kecanggihan kecerdasan buatan dapat dimanfaatkan dunia pendidikan.Salah satunya dalam pembuatan robot

Selain itu, beberapa perguruan tinggi di Indonesia saat ini sudah memfokuskan perkembangan AI sejak beberapa tahun terakhir ini. Ketua Tim Robot for Mission Indonesia, Janto V Sulungbudi mengungkapkan bahwa kehidupan manusia kedepannya akan melekat dengan AI.

"Saya yakin pasti semuanya akan larinya ke artificial intelligence,” ucapnya dalam acara pelatihan nasional coding dan robot di Universitas Tarumanagara, Minggu (5/11/2023).

Janto mengatakan di Indonesia sudah terlihat banyak pelajar yang membuat AI robot untuk membantu kehidupan masyarakat. Salah satunya robot yang mendeteksi cuaca.

"Ada AI robot yang bisa deteksi cuaca diberbagai daerah, itukan ngebantu masyarakat,” katanya.

Dia juga mengatakan perkembangan terkini ada AI robot yang membantu masyarakat dalam membuang sampah sesuai dengan warna sampahnya. Tidak hanya itu, bahkan ada AI robot yang mampu mendeteksi angka dan tingkat kematangan suatu buah.

"Saya pernah lihat AI robot yang di rancang supaya bisa buang sampah sesuai warna, misal sampah kuning dibuang ke tempat sampah kuning kalau sampah hijau buangnya ke tempat sampah hijau,” ujarnya.

Janto melihat bahwa AI Robot ini bisa menjadikan kehidupan masyarakat menjadi terbantu. Namun, biaya yang dikeluarkan dalam menciptakan hal tersebut tidak sedikit. Perlu biaya yang besar untuk menghasilkan AI robot yang bagus.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network