Dinas Perikanan Karawang akan Bangun Kampung Nila, Kerjasama dengan Pembudidaya

Iqbal Maulana Bachtiar
Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Nur Ridwan Solihin (Foto : iNewskarawang/ Ist).

Karawang, iNews.id - Dinas Perikanan Kabupaten Karawang bekerjasama dengan para pembudidaya ikan merencanakan Program Kampung Nila di Desa Sedari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang. 

Di tambak seluas 234,7 hektare direncanakan akan dikelola menjadi 80% tambak budidaya ikan nila salin, dan 20 % akan dibudidayakan ikan jenis lain. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Nur Ridwan Solihin. Menurutnya, Kampung Nila itu suatu kampung yang mayoritas penduduknya itu pembudidaya ikan nila. 

"Kita launching di pertengahan Tahun 2022. Di Desa Sedari itu sendiri sudah terkumpul 76 pembudidaya ikan nila salin. Ikan nila salin itu ikan nila yang bisa hidup di air asin. Daging ikannya juga bisa dijadikan sebagai makanan jepang 'Sushi' dan 'Sashimi,"Ujarnya. Kamis, (6/1/22) 

Pada penataannya, wilayah Kampung Nila itu sendiri akan dibagi menjadi cetak benih, pembesaran dan pengolahan. Selain bekerja sama dengan 76 pembudidaya di Desa Sedari, Dinas Perikanan Kabupaten Karawang juga berkoordinasi  dengan Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya(BLUPPB), Politeknik Karawang dan Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya-Kementerian Kelautan dan Perikanan(KPP). 

"Koordinasi harus dilakukan, jangan sampai saat kita menaikan Kampung Nila malah tidak direspon dan agar hasilnya sesuai dengan apa yang kita harapkan,"ujarnya.

Dalam pengembangan lebih lanjut, Dinas Perikanan berencana juga akan bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM (DinkopUKM) dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). 

"Lokasi Kampung Nila itu dekat dengan pantai sedari dan juga hasil dari panen ikan dapat dikembangkan menjadi olahan ikan lain, "ujarnya.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network