Mafia Pupuk Kendalikan Distribusi Pupuk Subsidi, Petani Karawang Menjerit

Frizky Wibisono
Mafia Pupuk Kendalikan Distribusi Pupuk Subsid (Foto: iNewsKarawang.id/Drizky wibisono)

KARAWANG, iNewskarawang.id - Petani Karawang menjerit kesulitan mendapatkan pupuk subsidi. Meski berdiri PT. Pupuk Kujang di Karawang, namun hal itu tidak berpengaruh besar bagi para petani.

Kesulitan petani Karawang mendapatkan pupuk subsidi mendapat perhatian dari anggota DPRD Jawa Barat, Gina Fadlia Swara, yang mengaku sering mendapat keluhan para petani ketika sedang melakukan reses. "Setiap reses di sejumlah lokasi di Karawang, selalu ada keluhan dari petani terkait pupuk subsidi. Mereka mengeluh karena sulit mendapat pupuk subsidi," kata Gina saat reses di Karawang, Selasa (27/3/23).

Menurut Gina, masalah ketersediaan pupuk di Karawang selalu menimbulkan masalah bagi petani. Ini lantaran dia mencium kuatnya mafia pupuk yang bisa mengendalikan distribusi pupuk di Karawang ditingkat petani. " Setiap musim tanam petani Karawang selalu mengeluh kesulitan mencari pupuk subsidi. Kalaupun ada pasti harganya mahal diatas ketentuan pemerintah,"katanya.

Selain itu Gina mengungkapkan penggunaan kartu tani yang digaungkan pemerintah kenyataannya tidak sesuai. Banyak petani mengaku kesulitan.mendapatkan pupuk subsidi karena tidak kebagian stok. Akhirnya petani harus membeli dengan harga lebih mahal. "Masih ada petani yang tidak memiliki kartu tani bisa membeli pupuk subsidi. Sedangkan petani yang memiliki kartu tani malah kehabisan stok. Jadi saya melihat ada masalah dilapangan dalam penggunaan kartu tani," katanya.

Menurut Gina, pemerintah seharusnya terjun kelapangan dan mendengarkan langsung keluhan para petani. Masalah ketersediaan pupuk subsidi sangat penting di Karawang. Apalagi Karawang sebagai kota lumbung padi harusnya menjadi perhatian khusus. "Pemerintah harus mencari tahu penyebabnya kenapa petani kesulitan mendapatkan pupuk subsidi," katanya.

Gina menduga praktek mafia pupuk subsidi tumbuh subur di Karawang. Oleh.karena itu dia meminta pemerintah harus berani dan tegas menindak oknum yang menyalahgunakan pupuk subsidi. " Mereka sudah beroperasi bertahun-tahun di Karawang. Harus diberanntas dengan ketegasan pemerintah," katanya.

Menurut Gina, dia akan membawa keluhan petani Karawang ke ketingkat parlemen untuk dibahas dan dicari solusinya. Hal itu perlu dilakukan agar petani Karawang bisa terbebas dari permainan mafia pupuk subsidi yang sudah berlangsung setiap tahun.

Editor : Frizky Wibisono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network