Berikut 3 Cara Mengatasi Kebocoran Atap Rumah di Musim Hujan

Dian Ayu Anggraini/Shandy Thabrany
Cara Atasi Atap Rumah Bocor (Foto: Rumahku)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Banyak orang mengalami masalah kebocoran atap rumah yang sering terjadi, terutama saat musim hujan tiba. Hal ini menjadi sangat merepotkan karena dapat mengganggu kenyamanan pemilik rumah. Oleh karena itu, perlu diberikan perhatian yang serius dalam menangani masalah kebocoran atap ini.

Tidak hanya mengakibatkan banjir di dalam rumah, kebocoran atap yang terus-menerus juga dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai bagian rumah. Hal ini meliputi kerusakan pada atap itu sendiri, dinding, cat, dan bahkan furnitur kayu seperti lemari atau meja.

Dilansir dari Bob Vila Jakarta, Senin (14/12/20), beberapa cara berikut ini dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kebocoran pada atap rumah.

1. Temukan Kebocoran Atap

Jika ditemukan tanda-tanda kebocoran pada atap, seperti noda air di langit-langit, penting untuk mencatat lokasi kebocoran tersebut. Setelah itu, pergilah ke luar rumah dan gunakan teropong atau mendekat ke atap untuk menemukan titik kebocoran. Perlu diperhatikan bahwa kebocoran dapat terjadi di berbagai bagian atap, sehingga periksa apakah ada retakan atau bagian atap yang hilang.

2. Ganti Atap yang Rusak atau Hilang

Jika terdapat retak atau kerusakan pada atap, langkah perbaikan sederhana yang dapat dilakukan adalah menggantinya dengan atap yang baru. Untuk mengganti atap yang rusak, angkatlah bagian tepi di sekitarnya dengan hati-hati dan lepaskan. Setelah itu, pasanglah atap baru sebagai penggantinya.

3. Perbaiki Flashing (Seng)

Apabila kebocoran atap disebabkan oleh flashing (seng) di sekitarnya, cara perbaikannya adalah dengan menutup kembali sambungan tersebut menggunakan caulking gun atau pistol mendempul yang diisi dengan semen atap. Jika terdapat kerusakan pada sambungan yang sebelumnya telah ditutup dengan semen atap, maka aplikasikan kembali dengan lapisan baru menggunakan kape.

Jika sudah mencoba berbagai cara namun kebocoran atap masih belum teratasi, kemungkinan sudah saatnya untuk memanggil tenaga profesional guna memeriksa kondisi atap. Hal ini dikarenakan, perbaikan sementara tidak akan memperpanjang masa pakai atap yang sebenarnya sudah memerlukan penggantian.

Editor : Boby

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network