Simak 10 Keutamaan Puasa Daud, Salah Satunya Dikaruniai Pikiran Positif, Kreatif dan Inovatif

Miftah H Yusufpati/NET
10 Keutamaan Puasa Daud, Salah Satunya Dikaruniai Pikiran Positif, Kreatif dan Inovatif. (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsKarawang.id - Artikel ini akan membahas 10 keutamaan puasa daud. Puasa daud dengan puasa sunnah lainnya tidak jauh berbeda. Pelaksanaan, manfaatnya pun hampir serupa salah satunya pembuka dan pelancar pinu rezeki.

Puasa ini diawali dengan niat. Perbedaan dengan puasa wajib adalah, niat puasa sunah seperti puasa daud, boleh dilakukan setelah terbitnya fajar asalkan belum melaksanakan hal-hal yang bisa membatalkan puasa, seperti makan dan minum.

Puasa Daud merupakan puasa khusus amalan Nabi Daud AS dan dikerjakan dengan cara sehari puasa, kemudian sehari berbuka. Puasa ini merupakan puasa sunnah yang paling utama.

Puasa Daud adalah puasa sunah, yang artinya dianjurkan untuk dilaksanakan, dan orang yang mengerjakan akan memperoleh pahala. Namun, jika tidak melaksanakannya, seseorang tidak akan mendapatkan dosa.

Bacaan niat puasa Daud adalah sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ دَاوُدَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma daawuda sunnatal lillahi ta'ala. Artinya, "Saya niat puasa Daud, sunah karena Allah Ta'ala."

Dalam Buku "Hebatnya Puasa Daud", karya KH Hendra Zainuddin, menerangkan puasa Daud tergolong berat karena dikerjakan secara berkelanjutan terus-menerus dan hanya dibatasi jeda sehari yang menurut peraturan sunnahnya untuk tidak puasa. Jadi sehari berpuasa dan hari berikutnya tidak begitu seterusnya.

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda, "Maka berpuasalah engkau sehari dan berbuka sehari, inilah yang dinamakan Puasa Daud AS. Dan ini adalah puasa yang paling afdhal. Lalu aku (Abdullah bin Amru ra berkata) "Sesungguhnya aku mampu untuk puasa lebih dari itu maka Nabi. "Berkata tidak ada puasa yang lebih afdhal dari itu." (HR Bukhari)

Editor : Boby

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network