Inilah Susunan Doa Wirid setelah Melaksanakan Sholat Fardhu

Iqbal Widiarko/net
Susunan doa wirid. (Foto : Okezone)

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِين 

Artinya:
“Maha Suci Tuhanmu Yang mempunyai keperkasaan dari apa yang mereka katakan. Dan kesejahteraan dilimpahkan atas para rasul. Dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam.” Wallahu A'lam Bishawab.

Manfaat Doa Wirid
1. Menciptakan Ketentraman
Alquran surat Ar-Rad ayat 28 dijelaskan: (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tentram.

Manfaat dzikir kepada Allah SWT adalah dapat menentramkan. Setiap manusia pasti pernah merasakan stres atau gundah. Saat sedang berada dalam fase tersebut, disarankan untuk memperbanyak zikir dan mengingat Allah SWT. Cara ini akan

Manfaat zikir kepada Allah SWT dapat membantu membangun kesabaran dalam diri dan menenangkan pikiran. Pikiran yang tenang, tentu akan semakin mudah dalam mengambil keputusan secara rasional. Aktivitas zikir adalah aktivitas manusia untuk memusatkan pikiran kepada Tuhannya.

2. Sebagai Media Penghapus Dosa
Zikir juga dapat mencegah seseorang melakukan dosa, menghapus dosa dan menyelamatkan seseorang dari siksa neraka. Keutamaan zikir ini dijelaskan dalam Shahih Al-Jaami:

Mu'adz Ibn Jabal R.A berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, 'Anak Adam tidak pernah melakukan perbuatan yang membawa jaminan keselamatan kepadanya, dari hukuman Allah lebih dari mengingat Allah SWT,' (Sahih Al-Jaami 5633).

3. Akan Dijanjikan Surga
Zikir atau wirid termasuk amalan yang disukai Allah SWT dan membuatnya memiliki ganjaran yang luar biasa. Siapa pun yang berzikir setiap harinya akan dijanjikan surga oleh Allah.

Dari Syaddad bin Aus radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengucapkan dzikir ini di siang hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati pada hari tersebut sebelum sore hari, maka ia termasuk penghuni surga.

Dan barangsiapa yang mengucapkannya di malam hari dalam keadaan penuh keyakinan, lalu ia mati sebelum subuh, maka ia termasuk penghuni surga.” (HR. Bukhari (7/150, no. 6306).

4. Dijauhkan dari Jin dan Syaitan
Orang yang banyak berdzikir akan dijauhkan dari godaan jin dan syaitan. Sebagaimana firman Allah dalam surat Al-Imran ayat 176 yang berbunyi:

"Sesungguhnya mereka adalah setan yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka, tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu orang-orang beriman."

Jin atau iblis akan selalu mengganggu manusia dalam setiap sendi kehidupannya. Hal ini sesuai dengan janji mereka kepada Allah SWT, bahwa mereka tidak akan pernah menyukai manusia yang beriman kepadaNya.

Meningkatkan intensitas waktu berzikir dapat membantu manusia menjauhkan diri dari gangguan jin dan iblis. Semakin sering berzikir, semakin meningkat pula rasa keimanan terhadap Allah SWT yang membuat jin dan iblis menjadi enggan untuk mendekati.

5. Rezeki akan Diperlancar
Wirid juga dapat melancarkan rezeki setiap umat yang melakukannya. Sebagai manusia yang beragama, ada baiknya kita selalu bersyukur dan mengingat Tuhan dalam setiap kesempatan.

Editor : Frizky Wibisono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network