Karya Ridwan Kamil : 10 Arsitektur Keren dari Museum hingga Marina Bay

Diana Purnamasari , Okezone
Rumah Botol Salah Satu Karya Arsitektur Ridwan Kamil. (Foto: Okezone.com)

Hal itu bisa terlihat setiap setelah sholat Ashar dan menjelang Magrib, banyak warga beraktivitas di masjid yang mengusung konsep sebagai green mosque atau masjid hijau itu. Banyaknya pepohonan hijau di sekelilingnya menjadikan lingkungan masjid menjadi asri dan sejuk, sehingga membuat nyaman para jamaah.

5. Marina Bay

Karya Ridwan Kamil tidak hanya di Indonesia. Di luar negeri, Kang Emil ternyata mendesain bangunan terkenal seperti Marina Bay.

Bangunan megah dengan ciri khas kapal pesiar di bagian puncaknya ini adalah rancangan dari Ridwan Kamil. Kang Emil adalah salah satu orang Indonesia yang mengerjakan proyek besar Marina Bay Waterfront Master Plan.

6. Beijing Finance Street China

Karya lain yang dibuat Ridwan Kamil adalah Beijing Finance Street. Kawasan super blok ini didesai langsung Kang Emil pada 2003.

7. Masjid 99 Kubah

Masjid 99 Kubah merupakan salah satu desain Kang Emil. Terletak di tepi Pantai Losari, Kota Makassar, namanya terinspirasi dari 99 Asmaul Husna yang merupakan nama-nama Allah SWT. Desainnya terlihat begitu unik dan cantik, disertai warna-warni yang cerah dan mencolok, seperti merah, oranye, dan kuning.

Menariknya, ada 99 kubah dari berbagai ukuran menghiasi bagian atas masjid ini. Dengan jumlah tersebut, tak ayal jika masjid ini disebut sebagai masjid dengan kubah terbanyak.

8. Ningbo Newtown, China

Karya lain di luar negeri yang dibuat Kang Emil adalah Ningbo Newtown. Kang Emil mengerjakan proyek tersebut pada 2022.

Ningbo Newtown merupakan rancangan kota modern yang diklaim sebagai salah satu kota masa depan.

9. Masjid Raya Asmaul Husna

Masjid Raya Asmaul Husna yang terletak di Serpong, Tangerang terlihat sangat mencolok dengan warnanya yang hijau. Menariknya, dinding masjid ini dihiasi ornamen kaligrafi 99 nama Allah atau yang disebut Asmaul Husna.

Kubahnya berbeda dengan masjid biasanya, yakni berbentuk lengkungan tipis. Tak hanya itu, bagian menara masjid juga tak kalah unik karena bentuknya seperti bambu runcing. Tak ketinggalan, ada pula hiasan bintang dan bulan sabit di atasnya sebagai pemanis.

10. Masjid Terapung Al Jabbar

Masjid megah dan estetik rancangan Ridwan Kamil terakhir adalah Masjid Terapung Al Jabbar. Berdiri di lahan seluas 25,99 hektar, masjid ini dibangun dengan konsep terapung di atas embung Gedebage yang memiliki luas 7,2 hektar.

Bangunan masjid ini memiliki bentuk persegi dengan ukuran 99 x 99 meter serta kapasitas 60 ribu jamaah. Ditargetkan akan rampung tahun ini, Masjid Al Jabbar akan memiliki empat menara yang muncul dari dalam air, area taman, fasilitas untuk difabel, serta museum.

Editor : Boby

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network